KPKNL Bogor
Berita DJKN

KPKNL Bogor Laksanakan Bimtek Pengelolaan Kekayaan Negara untuk Operator BMN Pemula

Jum'at, 16 Agustus 2019   |   85 kali

KPKNL Bogor Laksanakan

Bimtek Pengelolaan Kekayaan Negara untuk Operator BMN Pemula

 

Bogor – Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor, Selo Tarnando membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Kekayaan Negara dan Implementasi Aplikasi Barang Milik Negara (BMN) pada Rabu (14/08) di Aula KPKNL Bogor. Dalam sambutannya di hadapan para peserta yang berasal dari satuan kerja (satker) Kementerian/Lembaga di wilayah kerja KPKNL Bogor, Selo menyampaikan tujuan dan harapan dilaksanakannya bimtek agar para peserta dapat menyerap ilmu yang disampaikan oleh narasumber, tidak hanya terkait materi pengelolaan kekayaan negara namun terkait tugas dan fungsi (tusi) KPKNL lainnya yakni penilaian BMN dan lelang.

 

Menyinggung tentang Penilaian Kembali (Re-Revaluasi) BMN yang telah dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018, saat ini KPKNL Bogor masih menindaklanjuti temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Menurut Selo, kendala yang dihadapi oleh KPKNL Bogor dalam kegiatan Re-Revaluasi BMN adalah data yang dikirimkan oleh Satker ke KPKNL Bogor tidak valid dan tidak tepat waktu, untuk itu Selo mengingatkan kembali kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan bimtek dengan sebaik-baiknya sehingga ilmu yang didapat bisa diimplementasikan dalam pengelolaan aset BMN pada satker masing-masing.

 

Bertindak sebagai moderator sekaligus narasumber, adalah Nurintan Rismauli Marpaung, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) KPKNL Bogor. Intan menyampaikan bahwa  Bimtek Pengelolaan Kekayaan Negara dan Implementasi Aplikasi Barang Milik Negara (BMN) dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan pelatihan dan pemahaman kepada para Operator BMN baru atau pemula yang mengemban tugas sebagai operator kurang dari satu tahun dan belum pernah mendapatkan pelatihan BMN. Hal ini, menurut Intan untuk memudahkan tugas Satker dan KPKNL sebagai partner kerja dalam pengelolaan BMN.

 

Dalam sesi berikutnya, disampaikan materi teori dan praktik aplikasi SIMAN dan SIMAK-BMN yang dipandu oleh Mide Parma, staf pada Seksi PKN, dilanjutkan dengan sosialisasi pelayanan penilaian BMN oleh Dodi Cahyadi, staf pada Seksi Pelayanan Penilaian serta sosialisasi pelayanan lelang BMN yang disampaikan oleh Imam Ahmadi, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Bogor. Materi sosialisasi disampaikan secara interaktif dengan diskusi dan tanya jawab, diselingi fun  games  dengan souvenir yang menarik serta diakhiri dengan foto bersama. (Teks/foto: Sodi/Deni - Seksi HI KPKNL Bogor).

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Veteran No. 45 Bogor - 16113
(0251) 8315453
(0251) 315453