KPKNL Bogor
Berita DJKN

Arsip Adalah Sumber Informasi Penting Yang Harus Ditata Dengan Baik

Jum'at, 21 September 2018   |   474 kali


Bogor- Berangkat dari pentingnya penataan arsip, bertempat di aula KPKNL Bogor , Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menggandeng arsiparis madya Arsip Nasional Republik Indonesia melakukan pembinaan arsip di lingkungan Kanwil Jawa Barat, Kanwil Serang dan Kanwil DKI Jakarta (20/09/2018).  Acara pembinaan arsip yang dibuka oleh Selo Tarnando, Kepala KPKNL Bogor  ini dihadiri Kepala Bagian  Umum DJKN, Wahyu Setiadi dan para pejabat dan pegawai perwakilan ketiga kanwil dimaksud.

Mendengar kata ‘arsip’, sebagian besar kita langsung terbayang dengan tumpukan berkas berdebu yang teronggok begitu saja di sudut ruangan atau terkumpul dalam suatu gudang.  Bayangan itu tak sepenuhnya salah, karena hampir sebagian besar dari kita memperlakukan arsip seperti demikian. Padahal arsip merupakan sumber informasi penting yang harus ditata dengan baik.Latar belakang perlunya penataan arsip antara lain Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan (UU Kearsipan) dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 dan kurangnya kesadaran akan pentingnya nilai guna arsip sebagai sumber informasi serta terbatasnya sarana dan prasarana yang tersedia. Merujuk pada beberapa pasal dalam UU Kearsipan yang mengenakan sanksi pidana kepada siapa saja yang tidak menjaga keutuhan, keamanan dan keselamatan arsip Negara, maka “kita tidak bisa serta merta memperlakukan arsip secara sembarangan”, tegas Wahyu.

Wahyu Setiadi menilai penataan arsip di KPKNL Bogor sudah lebih rapi dan baik dari sebelumnya, dan ini bisa menjadi contoh untuk KPKNL Lain. Lebih lanjut Wahyu mengungkapkan bahwa berdasarkan benchmark ke Bank Indonesia dan juga ANRI, penataan arsip tidak cukup 1 sampai 2 tahun. Namun minimal 4 sampai 5 tahun waktu yang dibutuhkan sampai arsip tertata rapi.

Selanjutnya, materi tata cara pengelolaan arsip yang baik disampaikan langsung oleh arsiparis madya dari Direktorat Kearsipan Pusat ANRI, Dra. Dwi Mudalsih, M.Hum. Pada awal pemaparannya Dwi menyampaikan apresiasi kepada DJKN yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. “Meski kegiatan ini dilakukan di internal DJKN Kementerian Keuangan, namun ANRI bisa ikut terlibat dalam kegiatan ini”, pungkasnya.

Dwi mengungkapkan setiap detik, setiap menit tanpa kita sadari tercipta arsip dan itu tidak bisa di-stop. Oleh karena itu, arsip tersebut perlu segera ditata supaya tidak makin menumpuk. Kehadiran ANRI dalam kegiatan ini untuk transfer pengalaman dan pengetahuan dalam pengelolaan arsip yang baik. Semoga setelah adanya pembinaan penataan arsip dimaksud, maka tidak ada lagi arsip yang teronggok di pojokan ruang kerja (teks/foto: pop/rizki, Seksi HI KPKNL Bogor

Foto Terkait Berita
Pengumuman
PENG- 03 /WKN.8/KNL.3/2020
Rabu, 08 April 2020
Kontak
Jl. Veteran No. 45 Bogor - 16113
(0251) 8315453
(0251) 8315453
kpknlbogor@kemenkeu.go.id