KPKNL Bogor
Berita DJKN

Monev Laporan Tim Revaluasi Barang Milik Negara KPKNL Bogor, Sebagai Bentuk Pembinaan Kanwil DJKN Jawa Barat.

Rabu, 11 April 2018   |   89 kali

Bogor – Kamis (12/4/2018) Kepala KPKNL Bogor Abdul Manaf membuka rapat monitoring dan evaluasi yang dihadiri oleh Tim Kanwil DJKN Jawa Barat dan  Tim Reval BMN KPKNL Bogor. Kegiatan monitoring dan evaluasi Kanwil DJKN Jawa Barat dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 09 sampai dengan 11 April 2018.

 

“Kedatangan Tim Kantor Wilayah (Kanwil) dalam rangka monitoring dan evaluasi Tim Revaluasi (Tim Reval) Barang Milik Negara (BMN) diharapkan dapat memberi nilai positif yang akan mendongkrak kualitas dan kuantitas Tim Reval BMN Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor” tutur Abdul Manaf.

 

Kepala Bidang Penilaian Kanwil DJKN Jawa Barat, Indra Safri yang memimpin Tim Monev Kanwil DJKN Jawa Barat meneruskan beberapa pesan Kepala Kanwil (Kakanwil) DJKN Jawa Barat yang berhalangan hadir, antara lain menyampaikan bahwa Kakanwil berharap setelah dilakukan monitoring dan evaluasi ada peningkatan kinerja di Tim Reval KPKNL Bogor.

 

“Karena kami menganggap teman-teman semua satu tim, mulai dari kantor pusat sebagai penyusun kebijakan, Kanwil melakukan pembinaan, bimbingan teknis dan evaluasi, sementara KPKNL sebagai pelaksana kebijakan maka terhadap implementasi kebijakan tersebut perlu dilakukan evaluasi oleh Kanwil, apakah pelaksanaannya telah sesuai dengan kebijakan yang disusun oleh pusat”, papar Indra lebih jauh.

 

Indra mengungkapkan bahwa monitoring dan evaluasi Kanwil juga diperlukan mengingat Sebelum pemerikasaan yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan dan Badan Pemeriksa Keuangan. Kiranya sebelum kedua unit tersebut masuk, Kanwil perlu memberikan pembinaan terhadap KPKNL untuk memperbaiki dan melengkapi beberapa laporan yang masih terdapat kekurangan. Misalnya apabila dari hasil monitoring dan evaluasi Kanwil terhadap laporan Tim Reval KPKNL Bogor yang menunjukan bahwa dari sekian laporan yang diverifikasi  terdapat beberapa laporan yang masih belum lengkap seperti ketiadaan narasi, lampiran, dan tanda tangan, maka Kanwil akan merekomendasikan agar KPKNL untuk segera melangkapinya.

 

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) Kanwil DJKN Jawa Barat, Wisratno Eko Wibowo menyampaikan bahwa monitoring dan evaluasi Kanwil juga meliputi pemeriksaan terhadap beberapa aplikasi yang terkait reval, seperti aplikasi SIMAN.

 

Pada aplikasi SIMAN, apabila terdapat perbaikan laporan menyebabkan penurunan status satu tingkat. Terkait penurunan status pada aplikasi SIMAN, Nurintan Rismauli Marpaung, Kasi PKN KPKNL Bogor memohon Kanwil untuk meminta kebijakan kantor pusat agar pada saat upload data yang tidak ada koreksi nilai, seharusnya tidak ada penurunan status laporan pada aplikasi SIMAN.  “Namun kami jadi lebih teliti, sebelum upload laporan akan kami lengkapi dulu data dan dokumen-dokumen supaya temuan-temuan di tahun 2018 tidak terlalu banyak dalam hal pelaporan”, ujar Intan optimis. Pernyataan Intan tersebut sepertinya selaras dengan tekad Tim Reval KPKNL Bogor untuk bekerja lebih tuntas, tepat waktu dan berkualitas di tahun 2018. Semoga tercapai, Go Tim Reval KPKNL Bogor !  (teks/foto: popi/bowo – HI )

 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
PENG- 03 /WKN.8/KNL.3/2020
Rabu, 08 April 2020
Kontak
Jl. Veteran No. 45 Bogor - 16113
(0251) 8315453
(0251) 8315453
kpknlbogor@kemenkeu.go.id