KPKNL Bogor
Berita DJKN

Anggota Komisi XI DPR RI Lakukan Kunker ke KPKNL Bogor

Kamis, 16 November 2017   |   105 kali

Bogor- Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor mendapat kunjungan tamu istimewa yaitu anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari  Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ecky Awal Mucharam pada Selasa (14/11/2017). Kedatangan Ecky dilakukan dalam rangka kunjungan kerja anggota DPR RI di masa reses akhir tahun.

Anggota Komisi XI DPR tersebut, disambut di aula KPKNL Bogor dan dihadiri Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Dodi Iskandar, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Jawa Barat  Nuning Sri Rejeki Wulandari, Kepala KPKNL Bogor Abdul Manaf, Kepala Bagian Umum Kantor Pusat DJKN  Wahyu Setiadi dan seluruh pejabat eselon IV serta pegawai KPKNL Bogor.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara menyambut baik kunjungan kerja perseorangan anggota DPR RI di KPKNL Bogor dan turut menjelaskan secara singkat tugas dan fungsi dari KPKNL yaitu melaksanakan pelayanan di bidang pengelolaan kekayaan negara,  pengurusan piutang negara dan lelang. Dari tugas dan fungsi tersebut, masih ada tugas dan fungsi DJKN yang belum tergambar di KPKNL misalnya terkait Kekayaan Negara Dipisahkan (KND) dan aset Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS).

Di tempat yang sama, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Nuning S.R Wulandari menyampaikan bahwa merupakan suatu kehormatan terpilihnya KPKNL Bogor sebagai salah satu lokasi kunjungan kerja anggota DPR RI. “KPKNL Bogor merupakan salah satu dari enam kantor pelayanan yang ada di wilayah Kanwil DJKN Jawa Barat yang sudah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan bagus,” ujar Nuning. Ini terlihat dari hasil capaian kinerja KPKNL Bogor yang sangat menggembirakan,  pelaksanaan lelang hampir mencapai 100% dari target yang telah ditetapkan, bahkan ada capaian kinerja yang lain sudah melebihi dari target misalnya nilai kekayaan negara yang diutilisasi. Lebih lanjut, ia juga menyampaikan terkait program nasional yang saat ini sedang dilaksanakan oleh DJKN yaitu Revaluasi Aset. “Kegiatan ini meski berjalan pelan, namun menghasilkan kemajuan yang sangat berarti,” terangnya.

Anggota Komisi XI DPR RI dari  Fraksi PKS Ecky Awal Mucharam mengaku KPKNL Bogor merupakan mitra pertama yang dia kunjungi. “Selama delapan tahun saya menjadi anggota DPR RI,  baru KPKNL Bogor inilah mitra pertama yang saya kunjungi,” ungkap Ecky dalam awal pemaparannya dan langsung disambut dengan tepuk tangan dari pegawai KPKNL Bogor. Ia menyampaikan ruang lingkup Komisi XI  DPR RI yaitu keuangan dan perbankan, dengan mitra atau pasangan kerja antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/BAPPENAS. Kunjungan kerja anggota DPR RI merupakan perwujudan dari salah satu tugas anggota DPR RI yaitu terkait fungsi pengawasan (supervisory). Sebagaimana diketahui terdapat tiga tugas DPR RI yaitu terkait fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan. Dalam kunjungan kerja ini juga ditujukan untuk menyerap aspirasi yang ada di level bawah sebagai pelaksana langsung dari undang-undang, juga untuk meyakinkan bahwa fungsi DPR RI sebagai pembuat undang-undang (legislator) telah berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

Ecky menuturkan bahwa sebelum menjadi anggota DPR RI, dirinya pernah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan selama 13 tahun. Dirinya tahu betul bagaimana kehidupan sebagai PNS. Menanggapi capaian kinerja KPKNL Bogor yang dikemukakan oleh Nuning di atas, Ecky merasa senang. “KPKNL Bogor harus bangga dengan capaian tersebut dan jangan hanya berfokus pada target  tapi lihatlah apa yang telah dicapai,” ujarnya. Lebih lanjut, terkait isu Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang saat ini menjadi bahan pembahasan di DPR RI, Ecky meminta masukan apakah masih terdapat potensi PNBP dalam tugas dan fungsi KPKNL serta bagaimana cara pengukuran tarif PNBP yang tepat.

Menutup pemaparannya, Ecky menyampaikan bahwa sesuai Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai KPKNL Bogor harus menjadi birokrat yang loyal kepada pemerintah, dan bukan kepada partai politik. Ibarat piramida, maka berada pada top level sebagai kontributor utama kepada negara dan diminta tetap selalu menjaga integritas. (teks/foto; seksi HI KPKNL Bogor)

 

 

 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
PENG- 03 /WKN.8/KNL.3/2020
Rabu, 08 April 2020
Kontak
Jl. Veteran No. 45 Bogor - 16113
(0251) 8315453
(0251) 8382934
kpknlbogor@kemenkeu.go.id