KPKNL Bogor
Berita DJKN

KPKNL Bogor Laksanakan Workshop Revaluasi BMN

Selasa, 03 Oktober 2017   |   75 kali

Bogor -  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor menyelenggarakan Workshop Revaluasi (Penilaian Kembali) Barang Milik Negara (BMN) di aula KPKNL Bogor, Senin (2/10/2017). Acara ini mengundang 94 Satuan Kerja (Satker) Kementerian/Lembaga di wilayah kerja KPKNL Bogor yang menjadi target revaluasi BMN pada Oktober sampai dengan Desember 2017. Acara ini dibagi dalam 2 sesi, mengingat banyaknya jumlah Satker.

Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) KPKNL Bogor, Nurintan Rismauli Marpaung, dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu tujuan pelaksanaan revaluasi BMN adalah untuk menilai ulang aset BMN yang telah dilakukan Inventarisasi dan Penilaian (IP) pada 2007. Aset tetap berupa tanah, bangunan, jalan, irigasi dan jembatan merupakan aset yang dilakukan revaluasi.

Lebih lanjut, Nurintan menyampaikan bahwa hanya aset tetap berupa tanah yang akan dilakukan survey oleh Tim Revaluasi KPKNL Bogor dengan dibantu oleh petugas dari Satker. “Untuk aset tetap selain tanah akan dilakukan penilaian kembali dengan menggunakan metode desktop valuation”, ujar Intan. Ditambahkan oleh Intan bahwa desktop valuation merupakan metode penilaian yang dilakukan hanya berdasarkan data yang telah disampaikan oleh Satker yang bersangkutan kepada Tim Revaluasi. Untuk itu, Intan mengingatkan kepada Satker yang hadir untuk mengisi data formulir revaluasi (formulir pendataan objek penilaian kembali) secara lengkap dan akurat, termasuk foto dan keterangan tambahan, sebagai contoh pengisian data terkait renovasi gedung dan perkerasan untuk tempat parkir.

Sementara itu, staf Seksi PKN, Mide Parma Swanda memaparkan materi terkait tahapan revaluasi, tata cara pengisian formulir revaluasi dan proses penginputan inventarisasi. Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan revaluasi  hampir 70% dilakukan oleh Satker, karena dalam revaluasi BMN dilakukan 2 (dua) kegiatan yaitu inventarisasi dan penilaian, dimana inventarisasi akan dilakukan oleh Satker yang bersangkutan sedangkan untuk penilaian dilakukan oleh Tim Revaluasi KPKNL. Namun demikian, merupakan tugas KPKNL untuk dapat memberikan pendampingan mulai dari pengisian formulir revaluasi maupun proses penginputan inventarisasi agar target persiapan revaluasi BMN dapat selesai 100% pada Oktober 2017.

Workshop Revaluasi BMN  ini merupakan salah satu perwujudan sinergi  antara KPKNL Bogor dan Satker di wilayah kerja KPKNL Bogor. Mari bersama-sama sukseskan Revaluasi BMN, guna mempersembahkan ‘Nilai Untuk Negeri’. (Teks/fotoSodi/Bowo - Seksi HI KPKNL Bogor).

 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
PENG- 03 /WKN.8/KNL.3/2020
Rabu, 08 April 2020
Kontak
Jl. Veteran No. 45 Bogor - 16113
(0251) 8315453
(0251) 8382934
kpknlbogor@kemenkeu.go.id