KPKNL Bogor
Berita DJKN

Internship Programme Pegawai JPPH Malaysia Di KPKNL Bogor

Rabu, 20 September 2017   |   295 kali

Bogor – Senin (18/9/2017), acara penyambutan kunjungan delegasi dari Jabatan Penilaian dan Pengkhidmatan Harta  (JPPH) Kementerian Keuangan Malaysia, Moh. Zaki dan Siti Aminah diselenggarakan bertempat di aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor. Kunjungan delegasi JPPH tersebut merupakan tindak lanjut dari High Level Meeting antara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Director General of Valuation and Property Services Department, Ministry of Finance Malaysia di Langkawi, Malaysia pada bulan April 2017.

Salah satu butir kesepakatan dari High Level Meeting dimaksud adalah penyelenggaraan Internship Programme pegawai JPPH di DJKN  dalam rangka Asset Revaluation Exercise (State Asset Revaluation for Government Financial Report)Internship Programme tersebut akan dilaksanakan dari tanggal 18 September 2017 sampai dengan 29 September 2017 di wilayah kerja KPKNL Bogor, di mana lokasi yang akan dikunjungi oleh delegasi JPPH disesuaikan dengan jadwal revaluasi Barang Milik Negara (BMN) KPKNL Bogor.

Kunjungan delegasi dari JPPH Malaysia tersebut disambut secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Jawa Barat, Nuning Sri Rejeki Wulandari dan Direktur Penilaian DJKN, Meirijal Nur. Dalam acara penyambutan tersebut hadir pula Kasubdit Kualitas Penilai Pemerintah DJKN, Ahid Iwanudin, Kepala KPKNL Bogor, Abdul Manaf, Kasubbag Pengembangan Pegawai DJKN, Neil E. Prayoga, serta Para Kepala Seksi dan pegawai di lingkungan KPKNL Bogor.

Nuning dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan Internship  Programme dimaksud diharapkan adanya sharing pengalaman, sharing ilmu antara kedua belah pihak, sehingga bisa memberikan manfaat bagi kedua Negara. Meirijal Nur menambahkan pula jangan sampai perbedaan bahasa menjadi kendala bagi Internship Programme ini, karena walaupun antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu mempunyai rumpun bahasa yang sama, namun pada kata-kata tertentu mempunyai makna berbeda, untuk itu sangat dibutuhkan komunikasi yang baik. Delegasi Malaysia dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya atas sambutan yang telah diberikan oleh DJKN dan merasa sangat senang akhirnya dapat mengunjungi Indonesia. Tak lupa mereka juga mengharapkan agar kunjungannya dapat memberikan nilai lebih bagi kegiatan Revaluasi BMN yang dilakukan oleh KPKNL Bogor.

Selanjutnya, terkait kegiatan revaluasi BMN yang dilaksanakan sejak awal September 2017,  terdapat beberapa tempat yang direkomendasikan untuk diikuti oleh delegasi Malaysia ketika Tim Revaluasi BMN dari KPKNL Bogor melakukan penilaian ke lapangan yaitu antara lain ke Kejaksaan Negeri Sukabumi, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Sukabumi, Balai Diklat Badan Narkotika Nasional, Dinas Kesehatan Depok , Istana Bogor, serta P4TK Bisnis dan Pariwisata Kota Depok. Dengan melihat secara langsung proses Revaluasi BMN yang dilakukan oleh Tim Revaluasi  KPKNL Bogor diharapkan delegasi Malaysia mendapatkan tambahan wawasan baru yang dapat diambil untuk diterapkan di Malaysia, sedangkan bagi Tim Revaluasi BMN KPKNL Bogor dengan ikut sertanya delegasi Malaysia tersebut diharapkan delegasi Malaysia dapat memberikan masukan-masukan terkait proses Revaluasi BMN. Disamping hal tersebut, kunjungan delegasi Malaysia ini mempunyai arti penting untuk meningkatkan hubungan persahabatan antara negara Indonesia dan negara Malaysia. (Teks/foto: pop/mal, Seksi HI KPKNL Bogor).

 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
PENG- 03 /WKN.8/KNL.3/2020
Rabu, 08 April 2020
Kontak
Jl. Veteran No. 45 Bogor - 16113
(0251) 8315453
(0251) 8382934
kpknlbogor@kemenkeu.go.id