KPKNL Bogor
Berita DJKN

Dukung Pemetaan Pegawai, KPKNL Bogor Laksanakan Psikotes Online

Senin, 18 September 2017   |   74 kali

Bogor –  Kamis (14/9/2017) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor melaksanakan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 130/KMK.01/2013 tentang Penataan Pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan, Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Keuangan dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)  menyelenggarakan psikotes online.

Bertempat di ruang rapat KPKNL Bogor. Sebanyak 17 orang pegawai KPKNL Bogor mengikuti kegiatan ini. Pegawai yang memenuhi kriteria untuk mengikuti psikotest online ini, adalah pegawai yang merupakan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan DJKN yang belum atau sudah pernah mengikuti  assessment center  yang dilakukan sebelum tahun 2014. Namun dalam psikotes kali ini terdapat 2 orang pegawai yang tidak dapat mengikuti jadwal psikotes karena sedang mengikuti diklat dan sakit, sehingga kegiatan ini akan dijadwalkan kembali pada bulan Oktober 2017.

Psikotes online  dilakukan dalam 3 sesi dengan durasi waktu masing-masing 90 menit. Sesi pertama  pukul 8.00 WIB sampai dengan pukul 9.30 WIB, sesi kedua dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 11.30 WIB dan sesi ketiga pada pukul 13.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB.

Sebelum pelaksanaan kegiatan ini, koordinator pengawas membacakan narasi pembukaan psikotes online yang kemudian dilanjutkan dengan membacakan petunjuk cara pengerjaannya. Koordinator pengawas juga menyampaikan kepada peserta untuk mengikuti psikotes dengan sungguh-sungguh karena tujuan dari psikotes ini adalah untuk menyusun peta pegawai berdasarkan kinerja dan kompetensinya. Di mana dengan peta pegawai dimaksud akan dipergunakan untuk penyusunan program pengembangan SDM, mutasi dan promosi serta pendistribusian pegawai secara proporsional berdasarkan kebutuhan setiap unit kerja.

Pelaksanaan Psikotes online pada KPKNL Bogor berlangsung dengan tertib dan lancar. Peserta merasa mendapatkan tantangan dan pengalaman baru selama mengikuti psikotes ini karena materi tes mencakup kemampuan bahasa, berhitung, bentuk dan ruang, serta terkait kepribadian peserta tes. Disamping itu, setiap tahap tes pengerjaannya dibatasi oleh durasi waktu tertentu, sehingga peserta ditantang untuk mengerjakan tes dengan tepat, cepat, dan teliti. Peserta psikotes sangat mengharapkan dengan mengetahui kompetensi masing-masing pegawai, pembuat kebijakan di bidang SDM dapat menempatkan pegawai sesuai passion-nya, sehingga pegawai dapat berkarya dengan lebih baik.  (Teks/foto: Sodi/Mal' - Seksi HI).

 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
PENG- 03 /WKN.8/KNL.3/2020
Rabu, 08 April 2020
Kontak
Jl. Veteran No. 45 Bogor - 16113
(0251) 8315453
(0251) 8382934
kpknlbogor@kemenkeu.go.id