Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bogor > Berita
Mengharap Berkah Ramadan Melalui Buka Bersama di KPKNL Bogor
Popi Damayanti
Jum'at, 16 Juni 2017   |   333 kali

Bogor- Ramadan dikenal sebagai bulan yang penuh berkah, tak heran jika bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinanti oleh semua umat muslim di dunia. Umat muslim seolah saling berlomba berebut keberkahan di bulan Ramadan. Sebegitu istimewanya Bulan Ramadan, maka banyak umat muslim berdoa agar diberikan kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan penuh berkah tersebut. Jika Allah memberikan kita umur panjang, maka kita bisa bersua kembali dengan bulan Ramadan. Namun jika tidak, mungkin saja Ramadan tahun ini menjadi Ramadan kita yang terakhir.

Sebagai bulan yang penuh berkah, keunggulan Ramadan selain memberikan kesempatan kepada kaum muslim untuk kompak beribadah puasa dan shalat tarawih bersama, juga satu yang menjadi ciri khas Ramadan adalah adanya acara buka bersama. Buka bersama memberikan keberkahan bagi para pesertanya, salah satunya adalah kita diberi kesempatan untuk bersilaturahim setelah sekian lama masing-masing disibukkan oleh urusan/pekerjaannya. Baik silaturahim antara Atasan dan bawahan, antara rekan/teman sejawat, maupun antara saudara dan handai taulan.

Beranjak dari keinginan untuk memperoleh keberkahan di bulan Ramadan tersebut, maka pada  Jumat (09/06/2017) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor mengadakan acara buka bersama di aula KPKNL Bogor. Acara yang dihadiri oleh segenap karyawan/karyawati KPKNL Bogor tersebut semakin penuh makna karena diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, dan adanya pemberian santunan kepada anak yatim serta adanya Tausiyah untuk menambah keimanan para pegawai KPKNL Bogor.

Acara yang dimulai pada pukul 16.00 WIB dibuka oleh  Kepala KPKNL Bogor, Abdul Manaf. Dalam sambutannya Manaf menyemai harapan agar setelah bulan Ramadan berakhir, seluruh insan yang hadir pada acara tersebut, khususnya seluruh karyawan/ karyawati KPKNL Bogor, kualitas dirinya menjadi semakin meningkat. Peningkatan kualitas diri tersebut diharapkan akan berpengaruh positif terhadap kinerja masing-masing.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada 25 (dua puluh lima) orang anak yatim. Manaf mengharapkan agar pada tahun-tahun berikutnya jumlah penerima santunan akan lebih banyak lagi. Pemberian santunan yang diwakili oleh Para Kasi dan Kasubag KPKNL Bogor, merupakan sarana untuk mengejar berkah di bulan Ramadan dan  juga sebagai wujud syukur dari karyawan/karyawati KPKNL Bogor atas rejeki yang mereka terima selama ini.

Selanjutnya, acara Tausiyah yang rencananya akan diisi oleh Ustad Syauqi Zaenuddin MZ pada akhirnya digantikan oleh Ustad Zakaria Khobir dari Bintal Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. Ustad Syauqi mendadak berhalangan hadir karena ibundanya sakit. Namun ketidakhadiran Ustad Syauqi yang merupakan putera Kyai Sejuta umat – Almarhum KH Zaenuddin MZ, tidak menyurutkan antusiasme para hadirin untuk menyimak Tausiyah yang mengambil tema selaras dengan harapan Manaf dalam sambutannya di awal tadi, yaitu Ramadan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri menuju pribadi yang lebih baik serta mengharap Ridho Illahi..

Dalam Tausiyahnya, Ustad Zakaria pada intinya menyampaikan bahwa umat islam harus benar-benar memanfaatkan momen Ramadan sebaik mungkin dengan memperbanyak ibadah, karena Ramadan hanya datang sekali dalam setahun. Jadikan Ramadan sekarang sebagai Ramadan terbaik kita. Kita tidak pernah tahu, kapan Ramadan kita yang terakhir. Lebih lanjut Ustad mengatakan Jangan tertipu dengan usia muda, karena syarat mati tidak harus tua. Jangan tertipu dengan badan sehat, syarat mati tidak harus sakit. Dan jangan tertipu dengan harta, pangkat dan jabatan, karena syarat mati tidak harus miskin”. Sungguh sebuah ungkapan yang indah, tapi terasa ngeri bagi mereka yang belum punya bekal untuk mati.(naskah dan foto :Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Bogor)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini