KPKNL Bima
Kilas Peristiwa DJKN

Kesehatan Prima Menunjang Kinerja Pegawai KPKNL Bima

Senin, 20 November 2017   |   0 kali

Bima - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima bekerja sama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Mpunda Kota Bima mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan terhadap para pegawai KPKNL Bima beserta keluarga, Jumat (17/11/2017). Kegiatan di Aula KPKNL Bima ini berupa medical chek-up, yakni pemeriksaan gula darah, asam urat, kolestrol, pengukuran tekanan darah,  pengukuran lingkar perut, pengukuran lingkar lengan atas dan konsultasi kesehatan medis.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis dan non medis dari Puskesmas Mpunda Kota Bima ini respon positif dan antusias para pegawai untuk memeriksa kesehatannya. Awalnya banyak pegawai yang belum pernah melakukan tes kesehatan sempat merasa cemas terhadap cara pemeriksaan yang dilakukan karena proses maupun prosedur pemeriksaannya belum pernah dijalani, namun setelah diberi penjelasan oleh para tim medis yang melakukan pemeriksaan, para pegawai merasa tenang dan siap menjalani pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, rata-rata pegawai dalam kondisi sehat, namun ada beberapa pegawai yang perlu mengurangi konsumsi gula, menghindari rokok dan  makanan tertentu yang mengandung kolestrol termasuk makanan yang bisa memicu asam urat dan tekanan darah.

Kepala KPKNL Bima, Selo Tarnando S yang turut ambil bagian dalam pemeriksaan kesehatan tersebut menyampaikan apresiasi atas kunjungan tim kesehatan dari Puskesmas Mpunda Kota Bima dan ia berharap agar kerja sama dibidang pemeriksaan kesehatan seperti ini dapat terus terjalin.

Di awal kegiatan, Ketua Tim Puskesmas, Anida SKM yang didampingi oleh beberapa stafnya menjelaskan tujuan kegiatan yakni sebagai langkah awal untuk mencegah dan menurunkan angka penyakit tidak menular (PTM), serta meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup sehat para pegawai. Pemeriksaan kesehatan gratis ini juga dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah gerakan masyarakat agar sadar begitu pentingnya hidup sehat.

Seorang Bidan Puskesmas, Kurniati Hasanah Amd yang melakukan pemeriksaan/pelayanan IV A (deteksi dini kanker leher rahim) untuk wanita usia subur ikut menambahkan bahwa penanggulangan PTM merupakan kebijakan Nasional yang kerangka konsep pencegahan dan penanggulangannya didasari oleh kerangka dasar BLUM yang menjelaskan tentang derajat kesehatan itu dipengaruhi oleh faktor keturunan, lingkungan, perilaku dan pelayanan kesehatan. "Sejalan dengan kebijakan pencegahan dan penanggulangan PTM untuk menurunkan penyakit-penyakit yang mempunyai faktor risiko yang sama, seperti jantung, stroke, hipertensi, diabetes melitus, dan penyumbatan saluran nafas kronis, maka arah pemeriksaan yang biasa kami laksanakan pada Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular, atau Posbindu PTM, kami berlakukan juga pada seluruh karyawan-karyawati di Puskesmas kami," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang konseling dokter yang ikut dalam kunjungan Puskesmas, dr. Fitri Kurniasuci menuturkan bahwa kegiatan yang digelar secara rutin ini juga dalam rangka pelaksanaan POSBINDU PTM (Pos Bina Terpadu Penyakit Tidak Menular). KPKNL Bima adalah salah satu instansi yang masuk di wilayah kerja UPT Puskesmas Mpunda Kota Bima. “Kami memberikan pelayanan kesehatan ini dalam upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup pegawai KPKNL Bima agar sehat, bugar, berkualitas, produktif dan dapat meningkatkan kinerja,” tuturnya.

Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan yang bersifat preventif dapat dideteksi sedini mungkin berbagai jenis penyakit yang tidak disadari  sudah menyerang tubuh manusia.  Oleh karena itu diharapkan para pegawai KPKNL Bima bisa melakukan tindakan pencegahan atau bila telah terindikasi penyakit tertentu, segera berkonsultasi dengan dokter ahli untuk pengobatannya,

Dengan kondisi yang prima, pegawai KPKNL Bima dapat meningkat kinerjanya dan dalam melayani masyarakat maupun stakeholder menjadi lebih baik lagi sesuai dengan slogan “Pegawai Sehat, Hidup Nyaman dan Pelayanan Sempurna”. (Teks  : Harun Husin / Foto : Tim Kehumasan HI)

Penulis : HARUN HUSIN
Tanggal ditulis : Senin, 20 November 2017
Terakhir diedit : Minggu, 26 November 2017
Foto Terkait Kilas Peristiwa
Pengumuman
Kontak
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993, 43006
(0374) 43006
kpknl.bima@gmail.com