Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Mewujudkan Sinergi dan Pelayanan dengan Pemerintah Provinsi NTB
N/a
Jum'at, 20 Desember 2013   |   1013 kali

Bima – Selasa (17/12), Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima Samsul Alam kedatangan tamu dari Biro Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB). Rombongan yang terdiri dari Kepala Bagian Perlengkapan Eva Dewiyanti, Kepala Sub Bagian Pengadaan dan Distribusi M. Baihaki, serta dua orang staf Baiq Nurfitriawati dan Lalu Ayub Bastomi yang diterima oleh Samsul Alam di ruang kerjanya dengan didampingi oleh Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Syaipur Rokhman, Kepala Seksi Pelayanan Lelang Fahrizi Fatahilah, dan Kepala Seksi Piutang Negara Sumarno.

Kedatangan tamu dari Pemda tersebut untuk melakukan serah terima hasil penilaian aset Pemprov NTB yang berupa tanah untuk jalan provinsi, tanah bangunan gedung, dan bangunan rumah dinas yang berada di Pulau Sumbawa. Penilaian tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) Perwakilan Provinsi NTB terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi NTB Tahun 2012. Dimana dalam LKPD tersebut masih terdapat aset milik Pemprov NTB yang masih bernilai Rp.1,00.

Dari hasil penilaian yang dilakukan oleh tim penilai KPKNL Bima diperoleh kenaikan nilai yang cukup signifikan, . Atas kenaikan yang sangat signifikan tersebut, Eva Dewiyanti mengucapkan rasa terima kasihnya kepada KPKNL Bima, karena telah bersedia meluangkan waktu dan tenaganya untuk membantu melakukan penilaian terhadap aset-aset Pemprov NTB dan berharap kerja sama yang telah terjalin dapat dilanjutkan kedepannya.

Dalam pertemuan tersebut dilakukan pula penggalian potensi piutang daerah dan lelang oleh Kepala Seksi Piutang Negara Sumarno dan Kepala Seksi Pelayanan Lelang Fahrizi Fatahilah. Mereka menjelaskan bagaimana prosedur penyerahan pengurusan piutang daerah kepada KPKNL dan bagaimana KPKNL melakukan penagihan kemudian menyetorkan hasilnya kepada penyerah piutang, serta bagaimana prosedur mengajukan permohonan lelang dan apa saja kelengkapan dokumen yang harus dilengkapi oleh pemohon lelang. Terhadap hal tersebut, Eva berjanji akan menyampaikan kepada bidang yang terkait ketika kembali ke Mataram nantinya.

Hasil penilaian secara simbolis diserahkan oleh Samsul Alam dan diterima oleh Eva Dewiyanti dan dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan dari Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi kepada KPKNL Bima atas kerja sama dalam penilaian aset daerah selama tahun 2012-2013 menandai berakhirnya kerja sama antara KPKNL Bima dan Pemprov NTB khususnya dalam hal penilaian aset. Samsul Alam berharap ditahun-tahun mendatang kedua belah pihak dapat bekerja sama kembali dalam hal lainnya.

Ditemui usai acara, Kepala Bagian Perlengkapan, Eva Dewiyanti kembali mengucapkan rasa terima kasihnya dan merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh KPKNL Bima. Ia berharap dengan selesainya seluruh penilaian aset yang telah dilakukan oleh Kantor Wilayah DJKN Bali dan Nusa Tenggara, KPKNL Mataram, dan KPKNL Bima, maka LKPD Pemprov NTB tahun 2013 bisa memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK-RI. (Penulis: Yanuar Rizki S., Fotografer: Dimas Gita F., Editor: Samsul Alam)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini