Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Kemenkeu Satu Bima Bersama Pemerintah Kabupaten Dompu Tuangkan Komitmen Dalam Pakta Bersama
Ricky Septihara
Selasa, 20 September 2022   |   93 kali

(Jumat,16/09) Forum Kemenkeu Satu Bima yang diwakili oleh Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima, Hadi Wiyono, Kepala KPP Pratama Raba Bima, I Wayan Nuryana dan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima, Doddy Handaryadi serta bersama dengan Bupati Kabupaten Dompu, Kader Jaelani melakukan penandatanganan Pakta Bersama dalam rangka peningkatan kerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Dompu yang bertempat di Ruang Kerja Bupati Dompu.

Turut hadir juga dalam kegiatan pendandatangan ini pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu yang terdiri dari Sekretaris Daerah, Inspektur Inspektorat, Kepala BPKAD, Kepala Bapenda, Kepala Bagian Kerjasama Daerah dan Kepala Bagian Prokopim Setda Dompu.

Adapun hal-hal yang ditandatangani dan disepakati untuk dilakukan kerjasama dalam pakta bersama tersebut adalah;

  1. Peningkatan kerjasama dalam urusan perpajakkan, kerja sama penyediaan data wajib pajak dan penggalian potensi perpajakkan dalam upaya untuk meningkatkan penerimaan negara yang bersumber dari pajak;
  2. Pelatihan manajemen kas, pengelolaan keuangan pemerintah daerah dan BLUD, serta penyusunan laporan keuangan dan penyelesaian tindak lanjut temuan Badan Pemeriksa Keuangan serta fungsi treasury lainnya;
  3. Pemberian assistensi, benchmarking, pemberian layanan dalam rangka optimalisasi dan pengelolaan Barang Milik Daerah serta penyelesaian tindak lanjut temuan Badan Pemeriksa Keuangan;
  4. Pelaksanaan penilaian dan lelang aset daerah, termasuk pengelolaan atas piutang daerah;
  5. Percepatan pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) pada Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

Hal yang juga disepakati untuk dilakukan setelah acara penandatanganan ini terkait dengan bentuk kolaborasi yang dilakukan lebih lanjut akan dirumuskan kembali oleh masing-masing unit kerja Kementerian Keuangan bersama-sama dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait sesuai dengan bidang tugas dan fungsi masing-masing.

Setelah pendandatanganan Pakta Bersama, kemudian acara diakhiri dengan foto bersama antara Bupati Dompu dan Forum Kemenkeu Satu Bima. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini semakin tercipta sinergi yang baik antara Forum Kemenkeu Satu Bima dengan pemerintah daerah Kabupaten Dompu dan juga dapat mewujudkan pemberian pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini