Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Kolaborasi KPKNL Bima dengan Pemerintah Daerah dalam Optimalkan Pengurusan Piutang Negara masih Berlanjut
Ricky Septihara
Jum'at, 15 Juli 2022   |   127 kali

Bima (24/06) - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima melaksanakan kegiatan optimalisasi pengurusan piutang negara, berupa penagihan langsung ke penanggung hutang dan pendataan debitur guna kebutuhan profiling data masing-masing debitur penyerahan dari Sekretariat Daerah Kota Bima serta Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Bima yang berada di Wilayah Kota Bima. Serangkaian kegiatan dilaksanakan selama 2 hari terhitung mulai Rabu, 13 Juli 2022 sampai dengan Kamis, 14 Juli 2022. Terdapat sebanyak 10 debitur yang dikunjungi dimana 5 debitur merupakan penyerahan dari Sekretariat Daerah Kota Bima sedangkan 5 lainnya merupakan penyerahan dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Bima.

Pelaksana Seksi Piutang Negara KPKNL Bima, I Made Suardita menyampaikan “kegiatan ini dilaksanakan untuk mengoptimalkan proses pengurusan Piutang Negara yang dilakukan oleh KPKNL Bima dengan bekerja sama bersama pihak penyerah piutang”. Sebelum rangkaian kegiatan penagihan langsung ini dilakukan, KPKNL Bima telah berkoordinasi dengan pihak penyerah piutang dengan bersurat dan berkomunikasi terkait kegiatan yang akan dilaksanakan serta meminta pihak penyerah piutang agar dapat mendampingi kegiatan dimaksud.

Kegiatan diawali dengan koordinasi langsung dengan penyerah piutang di Sekretariat Daerah Kota Bima dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Bima. Selanjutnya tim mengunjungi kelurahan di mana para debitur tersebut tinggal untuk mencari informasi terkait keberadaannya bagi para debitur yang belum diketahui secara pasti keberadaannya. Setelah mendapakan informasi secara detail terkait keberadaan debitur tersebut lalu tim secara langsung mendatangi kediaman para penanggung hutang atau debitur dengan menyampaikan informasi sisa hutang, tata cara pembayarannya dan apabila diperlukan, menjelaskan proses tahapan pengurusan piutang negara yang dilaksanakan oleh KPKNL Bima. Kegiatan penagihan langsung ini juga didampingi oleh perwakilan dari Sekretariat Daerah Kota Bima serta Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Bima selaku penyerah piutang, tak lupa kegiatan ini juga dilakukan tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19.

Salah satu debitur menyampaikan kendala yang dihadapi untuk menyelesaikan hutang yang harus ia tanggung yaitu usahanya hancur setelah terdampak oleh banjir besar yang terjadi pada tahun 2016, belum lagi beberapa tahun ini terjadi pandemi covid-19 yang membuat perekonomian melemah. Banyak juga penanggung hutang yang mengeluh saat ditagih karena mereka beranggapan bahwa dana yang mereka terima dan mereka gunakan adalah dana bantuan dari pemerintah bukan dana pinjaman yang harus mereka kembalikan.

Output dari kegiatan ini adalah untuk memutakhirkan data catatan penanggung hutang baik mengenai keberadaannya, kemampuan ekonomi, keberadaan barang jaminan, dan kebersediaan atau itikadnya untuk menyelesaikan kewajibannya pada Negara. Selain itu terdapat 3 debitur yang langsung melakukan penyetoran angsuran setelah didatangi oleh tim KPKNL Bima.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran para penanggung hutang agar dapat mengangsur kewajibannya serta menyelesaikannya dalam waktu dekat.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini