Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Bangun Island of Integrity, Forum Kemenkeu Satu Bima Sosialisasikan Pembangunan ZI-WBK
Ricky Septihara
Jum'at, 10 Juni 2022   |   379 kali

Bima - Forum Kemenkeu Satu Bima melaksanakan sosialisasi pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) pada Kamis, (9/6) di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima.


Forum Kemenkeu Satu Bima merupakan wadah kolaborasi antara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Raba Bima dan KPPN Bima sebagai sarana penguatan tugas dan fungsi masing-masing instansi. Adapun program Forum Kemenkeu Satu Bima yang telah direncanakan pada tahun 2022 ini adalah pertama berperan aktif untuk mendorong terciptanya lingkungan kerja yang bebas dari korupsi dan terciptanya birokrasi yang bersih dan melayani, kedua penguatan tugas dan fungsi unit kerja Kementerian Keuangan melalui kolaborasi dengan Pemerintah Daerah dan satuan kerja Kementerian Lembaga dalam bidang perpajakan, pengelolaan keuangan dan pengelolaan kekayaan negara serta lelang, ketiga pemberian informasi yang seluas-luasnya terkait dengan kebijakan dan pengelolaan keuangan negara serta perpajakan kepada seluruh stakeholders, keempat berperan aktif dalam memperkenalkan sekolah kedinasan Kementerian Keuangan kepada siswa SMA sebagai salah satu alternatif pilihan melanjutkan pendidikan tinggi.


Forum ini terbentuk dilatar belakangi dengan adanya program Kemenkeu Satu yang menuntut kolaborasi antar insan Kementerian Keuangan, baik itu pegawai yang berada di pusat, maupun pegawai yang berada di instansi vertikal Kementerian Keuangan di daerah serta juga keberadaan instansi vertikal Kementerian Keuangan di Kota Bima yang sesungguhnya memiliki peranan yang penting dan strategis bagi Pemerintah Daerah dan pembangunan daerah. Namun demikian, peran tersebut dirasa belum terlaksana secara optimal, khususnya terkait dengan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah.


Untuk itu diharapkan Forum Kemenkeu Satu Bima ini dapat meningkatkan komunikasi dan koordinasi instansi vertikal Kementerian Keuangan yang ada di wilayah Kota Bima serta memperkuat kolaborasi dan sinergi, memberikan efek penguatan tugas instansi vertikal Kementerian Keuangan yaitu KPP Pratama Raba Bima, KPKNL Bima dan KPPN Bima, mewujudkan upaya kontribusi instansi vertikal Kementerian Keuangan untuk pembangunan daerah timur Sumbawa yang meliputi Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu serta meningkatkan kualitas layanan terhadap pemangku kepentingan.


Pada sosialisasi kali ini Forum Kemenkeu Satu Bima juga turut mengundang satuan kerja - satuan kerja pengguna layanan KPP Pratama Raba Bima, KPKNL Bima dan KPPN Bima yang berada di Kota Bima, Kabupaten Bima serta Kabupaten Dompu. Acara ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala KPPN Bima Doddy Handaryadi. Doddy menyampaikan pentingnya Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM karena hal tersebut merupakan salah satu arahan Presiden dan Wakil Presiden tentang pentingnya menciptakan pemerintahan yang bersih, efektif, bebas dari korupsi, terpercaya, dan berintegritas dalam menghadapi tantangan industri 4.0.


Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan hal-hal mendasar terkait Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM sesuai dengan PermenpanRB No.90 Tahun 2021 yang disampaikan oleh Krisna Yunika Mahardani, Kepala Seksi Pengawasan KPP Pratama Raba Bima. Setelah itu dilanjutkan dengan sharing pengalaman dari KPP Pratama Raba Bima, KPKNL Bima dan KPPN Bima dalam mendapatkan predikat WBK yang disampaikan oleh masing-masing Kepala Kantor.


Kepala KPP Pratama Raba Bima I Wayan Nuryana menyampaikan tips & trick mendapatkan predikat WBK yaitu penguatan integritas ke dalam organisasi kita, menjaga hubungan baik dengan pengguna layanan kita serta kita bisa meyakinkan tim penilai bahwa kita pantas mendapatkan predikat WBK.


Sedangkan Kepala KPKNL Bima, Hadi Wiyono menyampaikan agar Kemenkeu Bima dapat mendengar keluhan dan keinginan pengguna jasa layanan serta membuat inovasi yang dapat mempermudah mereka untuk memperoleh layanan yang mereka harapkan.

Sebagai penutup, acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama untuk saling mendukung dalam upaya pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM serta foto bersama seluruh tamu undangan dengan Forum Kemenkeu Satu Bima.


Semoga dengan adanya acara ini, seluruh satuan kerja yang ada di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu bisa saling mendukung dalam mendapatkan predikat WBK WBBM serta tetap menjaga komunikasi yang baik antar satuan kerja.

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini