Rabu
(06/04) KPKNL Bima melaksanakan Program KPKNL Bima MENDENGAR. Kegiatan ini
merupakan salah satu inovasi yang dilakukan KPKNL Bima sebagai sarana bagi para
pengguna layanan untuk menyampaikan masukan, kritik dan saran secara langsung
melalui Virtual Zoom Meeting. Pada kegiatan ini juga akan disampaikan apresiasi
atas kontribusi satuan kerja dan pengguna layanan dalam mendukung pelaksanaan
tugas dan fungsi KPKNL Bima. Acara ini dimulai dari pukul 09.00 WITA sampai
dengan 11.00 WITA.
Pada
pembukaan acara MENDENGAR kali ini diawali dengan sambutan dari Hadi Wiyono
selaku Kepala KPKNL Bima. Dalam sambutannya, Hadi menyampaikan bahwa MENDENGAR merupakan
bagian dari kegiatan KPKNL Bima untuk mendekatkan diri dengan satuan kerja dan
pengguna layanan di wilayah kerja KPKNL Bima. Beliau berharap bahwa kegiatan
ini digunakan sebagai ajang berkomunikasi dan untuk mengevaluasi layanan yang
telah diberikan oleh KPKNL Bima. Hadi juga mengucapkan terima kasih kepada
satuan kerja yang hadir sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini dapat
tercapai secara maksimal. Setelah memberikan sambutan, Hadi menyampaikan
sosialisasi terkait pengendalian gratifikasi yang merupakan salah satu
rangkaian acara KPKNL Bima MENDENGAR kali ini.
Setelah
sambutan dan sosialisasi yang disampaikan oleh Kepala KPKNL Bima, acara dilanjutkan
dengan sesi pengenalan SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah), KKI (Kerangka
Kerja Integritas) dan layanan pengaduan yang
disampaikan oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, I Komang Eka Diana. Pada
kesempatan kali ini juga Seksi Kepatuhan Internal melakukan pengenalan survey
kepuasan dan permintaan masukan dari para pengguna layanan dengan meminta para
pengguna layanan mengisi kuisioner survey kepuasan masyarakat triwulan I
melalui link google form yang dibagikan serta ada juga yang menyampaikan
langsung seperti Adhar dari BRI cabang Dompu ia menyampaikan agar permohonan
lelang online dapat lebih dipermudah lagi persyaratannya lalu banyak juga yang
menyampaikan apresiasi kepada KPKNL Bima seperti Tuti dari Kementerian Agama
Kabupaten Bima dan Kenedy dari Pelaksanaan Jalan Nasional II Nusa Tenggara
Barat yang merasa sangat puas atas pelayanan KPKNL Bima terutama dalam bidang
pengelolaan kekayaan negara, mereka menyampaikan walaupun pelayanan dilakukan
secara online tetapi pelayanan yang
mereka terima sangat mudah dan cepat.
Acara selanjutnya
yaitu pemutaran video launching aplikasi Melati (Media Pelayanan
Terintegrasi). Aplikasi Melati merupakan aplikasi pendukung layanan KPKNL Bima
di mana nantinya para pengguna layanan dapat memonitor sudah sampai manakah
pemrosesan permohonan yang dilakukan oleh pengguna layanan tersebut serta pada
aplikasi tersebut juga terdapat beberapa peraturan perundang-undangan yang
menjadi dasar hukum pemberian layanan oleh KPKNL Bima.
Pada sesi terakhir yaitu pemutaran video apresiasi terhadap satuan kerja dan pengguna layanan yang dinilai terbaik kontribusinya dalam hal pelaksanaan lelang dan pengelolaan barang milik negara serta tak lupa ucapan selamat dari Kepala KPKNL Bima atas penghargaan yang diterima oleh para satuan kerja dan pengguna layanan tersebut.
Kami berharap semoga dengan adanya program KPKNL Bima MENDENGAR ini dapat meningkatkan layanan KPKNL Bima serta meningkatkan kepuasan pengguna layanan KPKNL Bima.