Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Sukseskan Crash Program, KPKNL Bima Laksanakan Penelitian Lapangan
Ahmad Girindra Wardhana
Senin, 28 Maret 2022   |   106 kali

Kamis (24/03), Seksi Piutang Negara KPKNL Bima melaksanakan kegiatan Penelitian Lapangan terhadap alamat domisili Debitur Piutang Negara di Kelurahan Rabangodu Selatan dan Utara di Kota Bima. Pegawai yang melaksanakan kegiatan tersebut adalah Plt. Kepala Seksi Piutang Negara, Junaedi Seto Saputro, I Made Suardita dan Esaul Winfrids yang merupakan Pelaksana pada Seksi Piutang Negara, serta Ahmad Girindra Wardhana yang merupakan Pelaksana pada Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Bima.

Kegiatan Penelitian Lapangan dilaksanakan dalam rangka mengetahui kondisi sebenarnya dari debitur, baik ada tidaknya keberadaan debitur sesuai dengan data yang dimiliki KPKNL Bima, kemudian bagaimana kemampuan debitur dalam menyelesaikan utangnya, maupun hal-hal lain yang perlu diketahui dari Debitur. Penelitian lapangan juga penting dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Crash Program keringanan utang yang dicanangkan pemerintah sejak tahun 2020.

Dalam Pelaksanaan penelitian lapangan ini ditemukan banyak tantangan yang dialami Pegawai KPKNL Bima, salah satunya adalah sulitnya menemukan alamat pasti dari Debitur dikarenakan adanya beberapa warga Rabangodu Selatan dan Utara yang memiliki nama yang sama dengan nama Debitur yang menjadi tujuan daripada Penelitian Lapangan ini dan minimnya data alamat debitur yang didapatkan dari Penyerah Utang. Pegawai KPKNL Bima beberapa kali mengunjungi kantor kelurahan sampai menanyakan kepada warga sekitar mengenai keberadaan dari Debitur.

Beruntungnya KPKNL Bima mendapatkan asistensi yang maksimal dari Lurah Rabangodu Selatan dan Utara yang bersedia membantu dengan cara mengkoordinasikan dengan RT maupun RW di lingkup kelurahannya masing-masing. “Jadi di daerah kami ada beberapa warga yang kebetulan memiliki nama yang sama dengan yang dibutuhkan oleh KPKNL Bima, ada yang domisilinya sudah pindah bahkan ada yang sudah wafat, jadi kami masih membutuhkan waktu untuk menemukan nama warga yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh KPKNL Bima.” Lurah Rabangodu Utara menerangkan.

Kolaborasi dan kerja sama antara petugas KPKNL Bima dengan perangkat desa setempat sangat penting untuk dijaga guna kelancaran proses pengurusan piutang negara.




Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini