Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Bima
Berita DJKN

Galang Sinergi dan Ciptakan Semangat Nasionalisme, KPKNL Bima Laksanakan Morning Call

Selasa, 31 Agustus 2021   |   34 kali

Bima - Senin, 30 Agustus 2021, KPKNL Bima melakukan Morning Call yang dilakukan secara rutin setiap hari senin. Pelaksanaan morning call  kali ini berbeda daripada minggu-minggu sebelumnya dimana pelaksanaan dilakukan secara tatap muka setelah sebelumnya selalu dilakukan secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting. Pelaksanaan morning call secara tatap muka ini dengan pertimbangan bahwa kondisi pandemi di Kota Bima sendiri mengalami penurunan dan mulai kondusif. Meskipun begitu, pelaksanaan morning call tetap dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Adapun agenda morning call hari ini adalah untuk memperkuat sinergi antar pegawai KPKNL Bima, untuk meningkatkan integritas dan menjunjung tinggi semangat nasionalisme. Acara ini dilaksanakan di Aula KPKNL Bima.

Acara yang dipimpin oleh Nyoman Heryawan Triana Putra selaku Kepala KPKNL Bima dan diikuti oleh seluruh Pegawai KPKNL Bima. Dalam sambutannya Nyoman mengapresiasi kehadiran seluruh pegawai dan mensyukuri kondisi seluruh Pegawai KPKNL Bima yang dalam keadaan sehat meskipun kondisi pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Nyoman menyampaikan bahwa meskipun semangat tinggi tetap dijalankan Pegawai KPKNL Bima dalam melaksanakan tugas sehari-hari, namun Nyoman juga mengharapkan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat agar kondisi Pegawai KPKNL Bima tetap terjaga.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya secara bersama-sama sekaligus pengenalan kepada pegawai KPKNL Bima terhadap video resmi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya versi Kementerian Keuangan, yang nantinya akan digunakan dalam setiap acara resmi kedinasan yang diselenggarakan oleh KPKNL Bima.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan 10 Perilaku Utama Kementerian Keuangan yang dilakukan oleh Muhammad Luthfi Alfiana, Pelaksana dari Seksi Kepatuhan Internal. Pembacaan 10 Perilaku Utama Kementerian Keuangan ini diikuti oleh seluruh pegawai. Kemudian pembacaan 5 Budaya Kerja Kementerian Keuangan oleh Esaul Winfrids Nggily. Pembacaan 10 Perilaku Utama dan 5 Budaya Kerja dilakukan untuk menanamkan integritas pada Pegawai KPKNL Bima dalam melakukan pekerjaan sehari-hari namun dengan tetap memperhatikan koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya morning call dilanjutkan dengan penyampaian one day one information (ODOI) yang disampaikan oleh pelaksana Seksi PKN, Muhammad Zaqi Husin. Materi ODOI hari ini membicarakan tentang Pembentukan Iklim Kerja untuk Membangun Budaya Inovasi. Inti daripada ODOI yang disampaikan adalah perihal Artefak adalah semua sarana, prasarana, maupun acara yang dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi dalam pembentukan budaya kerja. Hal ini bisa saja berbentuk penataan ruang kerja yang dinamis, lay-out open space, penuh warna, dan dilengkapi fasilitas-fasilitas yang diperkirakan mendukung terbentuknya budaya kerja inovasi. Tulisan-tulisan motivasi dan nilai-nilai budaya dalam bentuk poster atau bentuk apapun yang dipajang dalam ruang kantor juga masuk dalam kategori ini. Termasuk juga dalam lapisan ini adalah acara-acara kompetisi antar pegawai dalam menjalankan budaya kerja. Artefak ini diyakini dapat menumbuhkan keterlibatan, menginspirasi inovasi, dan mendorong produktivitas pegawai.

Kemudian, jika budaya yang mendukung terciptanya inovasi telah terbantuk, langkah selanjutnya tentunya memastikan inovasi tersebut benar-benar berdampak dan memiliki manfaat bagi organisasi dan pengguna jasa. Harus dipastikan juga, inovasi yang dibangun akan memiliki dampak positif bagi peningkatan kinerja atau citra organisasi secara keseluruhan. Inovasi yang dibangun juga harus didasari oleh keinginan untuk menghilangkan permasalahan atau kondisi yang dinilai tidak efektif dan efisien, serta didasari keinginan untuk memberikan peningkatan pelayanan bagi pengguna jasa.

Morning call diakhiri dengan pemberian arahan oleh Kepala KPKNL Bima. Nyoman menyampaikan bahwa dalam menjalankan tugasnya, KPKNL Bima harus senantiasa menjunjung tinggi integritas namun juga tetap mengedepankan pelayanan yang prima baik kepada stakeholder maupun masyarakat. Di akhir pengarahannya Kepala KPKNL Bima menyampaikan agar tetap menjaga kesehatan masing-masing dan dalam bekerja tetap berpedoman pada aturan-aturan yang berlaku, sehingga apa yang direncanakan dapat dicapai dengan baik dan sesuai ketentuan. Acara kemudian ditutup dengan pelafalan slogan KPKNL Bima untuk meningkatkan semangat bekerja bagi Pegawai KPKNL Bima.

Foto Terkait Berita
Pengumuman
PENG-01/WKN.14/KNL.04/2020
Rabu, 08 April 2020
Kontak
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993, 43006
(0374) 43006
kpknlbima@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |