Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Evaluasi Kinerja BMN demi Menjaga Optimalisasi
Lalu Muhammad Umar Al-faruq
Kamis, 25 Juni 2020   |   327 kali

Bima (24/06) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)  Bima melaksanakan kegiatan portofolio aset dalam rangka optimalisasi aset Barang Milik Negara (BMN). Pelaksanaan kegiatan portofolio aset ini dilaksanakan selama kurang lebih 1 (satu) bulan,  terhadap 9 (Sembilan) satuan kerja dibawah KPKNL Bima yang berada di dalam wilayah Kota Bima dengan total 48 (Empat Puluh Delapan) Nomor Urut Pendaftaran (NUP). Kegiatan ini terdiri dari wawancara langsung dengan operator BMN dan survey lapangan terhadap objek BMN berupa tanah dan/atau bangunan yang dimiliki oleh masing-masing satker sekaligus koordinasi mengenai administrasi penggunaan dan pemanfaatan BMN.

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menunjukan hasil perbandingan yang dapat menghasilkan pendapatan tertinggi atas BMN dalam rangka optimalisasi kinerja Barang Milik Negara dan juga sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan dalam mengambil keputusan untuk menentukan arah kebijakan dalam pengelolaan kekayaan negara.

Tim humas KPKNL Bima mendapat kesempatan untuk ikut mendampingi seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) selaku penanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan portofolio aset  pada satuan kerja Rumah Tahanan Kelas II B Raba Bima pada Selasa, 23 Juni 2020.

Kepala Seksi PKN, Mahfud menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan KPKNL Bima ke Rumah Tahanan Kelas II B Raba Bima. Selanjutnya Sinung Jati Hidayat, staf seksi PKN melakukan kegiatan wawancara dengan Hery yang merupakan operator BMN Rumah Tahanan Kelas II B Raba Bima. Sinung menyampaikan beberapa pertanyaan mengenai aset berupa tanah dan bangunan yang dikelola oleh Rumah Tahanan Kelas II B Raba Bima. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan survey lapangan terhadap 12 rumah dinas dan beberapa tanah. Saat wawancara Hery menyampaikan bahwa terdapat bangunan baru berupa pos jaga yang sebelumnya belum tercatat pada aplikasi SIMAN. Saat pelaksanaan survey lapangan, KPKNL Bima menemukan terdapat beberapa bangunan berupa rumah dinas yang tidak berpenghuni dikarenakan kondisinya rusak berat. Namun ada sekitar 8 rumah dinas yang ditempati oleh para pegawai Rumah Tahanan Kelas II B Raba Bima. Lokasi rumah-rumah dinas ini tidak terletak di satu lokasi saja namun terletak di beberapa lokasi yang terpisah. Selain itu, terdapat aset berupa tanah yang saat ini sudah ada bangunannya, Sinung menyampaikan perlu dilakukan pencatatan ulang mengenai aset tanah tersebut agar data BMN jadi up to date

Kegiatan berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang mengganggu pelaksanaan portofolio ini, diakhir kegiatan Mahfud mewakili KPKNL Bima berterima kasih atas sambutan dan kerja sama dari pihak Rumah Tahanan Kelas II B Raba Bima telah membantu dan mendampingi Tim KPKNL Bima dalam melaksanakan kegiatan portofolio aset kali ini, Mahfud berharap optimalisasi BMN yang dikelola dapat terus diupayakan dan koordinasi antara Rumah Tahanan Kelas II B Raba Bima dengan KPKN Bima terus ditingkatkan.


Foto & Teks : Seksi HI KPKNL Bima

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini