Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Percepat Penyelesaian PSP BMN dan Portofolio Aset, Sebanyak 27 Satuan Kerja Mengikuti Sosialisasi di KPKNL Bima
Lalu Muhammad Umar Al-faruq
Jum'at, 13 Maret 2020   |   464 kali

Bima (12/03) Sebanyak 27 Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Agama di Wilayah kerja KPKNL  Bima menghadiri undangan kegiatan Sosialisasi Percepatan Penyelesaian Penetapan Status Penggunaan (PSP) dan Portofolio Aset yang diselenggarakan di Aula KPKNL Bima. “Pentingnya PSP adalah sebagai dasar pengelolaan BMN oleh seluruh satuan kerja,” kata Kepala KPKNL Bima Nyoman Heryawan dalam sambutannya pada Kegiatan Sosialisasi tersebut.


Nyoman menambahkan, baru sekitar  22% Barang Milik Negara (BMN) yang telah ditetapkan PSPnya dari total BMN yang dikelola oleh seluruh Kementerian Lembaga , sedangkan target PSP untuk tahun 2020 adalah 100%. PSP ini sifatnya hanya administrasi oleh karena itu, Nyoman berharap seluruh satuan kerja yang berada di wilayah kerja KPKNL Bima dapat bekerja sama dan bersinergi untuk meningkatkan PSP BMN.


Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dihandle oleh Seksi PKN. Seluruh Satuan kerja mendapatkan edukasi berupa penggunaan aplikasi SIMAN dalam mengajukan permohonan PSP dan portofolio asset. Seksi PKN pada sesi pertama menyampaikan penjelasan mengenai pentingnya PSP dalam administrasi Pengelolaan BMN yang dikelola oleh masing masing satuan Kerja sekaligus membimbing dan membantu satuan kerja yang hadir untuk melakukan perekaman Aset yang telah ditetapkan PSPnya pada aplikasi SIMAN.


Selanjutnya pada sesi kedua, seksi PKN menjelaskan mengenai pentingnya portofolio asset dalam rangka optimalisasi BMN untuk pemanfaatan Sewa dan menerangkan bahwa portofolio aset dilakukan untuk mengambil kesimpulan seberapa baik BMN dalam menunjang tusi pemerintah, apakah BMN perlu diperbaiki atau bisa dipertahankan. Indikator pengukuran terdiri dari Kepentingan umum, manfaat sosial, tingkat kepuasan pengguna, potensi masa depan, kelayakan finansial, dan kondisi teknis. Portofolio aset dimulai dari identifikasi BMN, proses analisis, hingga laporan portofolio aset. Hal ini sejalan dengan tujuan DJKN yaitu dari asset administrator menuju asset manager.


Mahfud, Kepala seksi PKN berharap dengan adanya kegiatan Sosialisasi ini para satuan kerja yang berada di wilayah kerja KPKNL Bima agar segera dapat mengajukan permohonan PSP BMN yang dikelolanya masing masing.

Ditengah tengah seriusnya kegiatan sosialisasi, KPKNL Bima menyediakan mini bartender untuk pemesanan coffe/minuman yang dapat di pesan secara gratis oleh tamu undangan yang hadir dan kegiatan Sosialisasi ditutup dengan ramah-tamah seluruh tamu undangan dan foto bersama. (penulis/foto: Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini