Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Berprinsip Pada Kesempurnaan, KPKNL Bima Adakan Asistensi Form Pendataan SIMAN
Deti Ninggarwati
Rabu, 09 Oktober 2019   |   231 kali

Bima (09/10) “Target kita adalah 1500 NUP dan harus diselesaikan di tahun ini.”, arahan Nyoman Heryawan Triana Putra, Kepala KPKNL Bima, dalam acara Asistensi Form Pendataan SIMAN (Sistem Informasi Manajemen Aset Negara). Kegiatan diadakan di Aula KPKNL Bima dengan mengundang 28 satuan kerja.

Fahdrian Kemala, Kepala Seksi Penilaian KPKNL Bima memandu jalannya asistensi. Disampaikan Fahdrian bahwa BPK masih meragukan validitas form pendataan. Adanya asistensi yang dilakukan oleh petugas KPKNL Bima diharapkan dapat memudahkan satker melengkapi data – data yang masih kurang. Setelah data diperbaiki, ditandatangani verifikator KPKNL Bima, kemudian satker menyampaikan kepada kepala satker untuk ditandatangani. Mengingat wilayah kerja satker tidak terlalu jauh dari KPKNL Bima, diharapkan proses ini hanya membutuhkan waktu 1 hari saja. “Form pendataan yang diisi dipastikan lagi sesuai dengan yang diupload terutama untuk sertifikat, IMB, dan denah lokasinya. Perlu diperhatikan bahwa petugas pendataan dan verifikator adalah orang yang berbeda.”, tegas Fahdrian.

Perbaikan data SIMAN akan dilakukan dalam empat gelombang. Setiap gelombang akan diadakan pendampingan dengan harapan form pendataan dapat diselesaikan di hari yang sama. Nyoman menghimbau Oktober 2019 semua form pendataan sudah benar dan untuk selanjutnya data tersebut akan digunakan sebagai dasar dalam melakukan penilaian.

Kegiatan asistensi dimulai dengan kroscek seluruh aplikasi SIMAN yang ada pada satker, apakah sudah ter-update atau belum. Kemudian dilakukan penginputan data pada menu inventarisasi. Form pendataan dicetak dan ditandatangani verifikator. Kegiatan berlangsung komunikatif. Satker aktif bertanya mengenai SIMAN dan tim KPKNL Bima memberikan asistensinya sedetail mungkin. Asistensi yang berlangsung dari pagi hingga sore ini diharapkan dapat memenuhi target perbaikan data SIMAN sehingga untuk ke depannya nilai aset BMN memberikan informasi yang akurat pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat.

Foto/Teks: Deti N

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini