KPKNL Bima
Berita DJKN

Junjung Tingkat Kepatuhan, KPKNL Bima Gelar Sharing Knowledge Bersama ITJEN Kemenkeu

Kamis, 04 Juli 2019   |   115 kali

Bima (02/07) “Acara ini penting agar kita semua dapat memahami pentingnya kepatuhan pegawai untuk bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).”, sambutan Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima, Nyoman Heryawan Triana Putra dalam acara sharing knowledge Pengendalian Internal di Lingkungan Kementerian Keuangan.

KPKNL Bima mendapat kesempatan dikunjungi Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Tim yang beranggotakan 6 (enam) orang bertugas melakukan audit atas pelayanan lelang dan evaluasi serta asistensi terhadap kegiatan pemantauan pengendalian intern pada KPKNL Bima. Tim Itjen bertugas 24 Juni s.d 6 Juli 2019.

Di sela kunjungan Itjen diadakan acara sharing knowledge yang berlangsung di Aula KPKNL Bima. Berbeda dengan biasanya, kali ini yang menjadi narasumber adalah Tim Itjen Kementerian Keuangan, Agus Arbiyanto,SE,MM. Agus menyampaikan materi berjudul “Tone at The Top Walk the talk, Know Your Employee”. Dalam suatu organisasi perlu dilakukan penilaian manajemen puncak (tone at the top). Penilaian dapat dilakukan dengan pendekatan antara lain reputasi media sosial, kunjungan sosial ataupun melalui survey pegawai. Pada survey pegawai dapat diketahui juga bagaimana instansi konsisten antara perbuatan dan perkataan (walk the talk). Manajemen perlu memahami bagaimana karakter pegawainya (know your employee) karena organisasi tidak bisa berjalan tanpa sinergi yang baik antar semua komponen.

Agus juga memberikan pemaparan mengenai Pemantauan Pengendalian Intern Tingkat Aktivitas (PPITA) dan Evaluasi Pengendalian Intern Tingkat Entitas (EPITE) menurut PMK-940 Tahun 2017. Yang menjadi dasar dalam perbedaan keduanya adalah bahwa EPITE hanya dilaksanakan dua tahun sekali sedangkan PPITA dapat dilaksanakan setiap waktu sesuai dengan resikonya. Semakin tinggi resiko maka semakin sering dipantau misalkan di Seksi Pelayanan Lelang dan Seksi Penilaian. Prosesnya meliputi pemilihan proses bisnis, pemetaan pengendalian, evaluasi rancangan, penetapan sampel, penyusunan perangkat pemantauan, penyusunan RPT (Rencana Pemantauan Tahunan), dan penyusunan jadwal penggunaan Sumber Daya. Semua mengenai dokumen dan proses dijelaskan secara rinci oleh Agus.

Sharing knowledge diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Bima dan Tim Itjen. Acara berlangsung komunikatif. Para pegawai antusias mengajukan pertanyaan terutama Seksi Kepatuhan Internal. Pertanyaan dijawab secara rinci oleh Agus dan Timnya. Sharing knowledge ditutup dengan sesi foto bersama pegawai KPKNL Bima dan Tim Itjen. Diharapkan pegawai menjadi lebih tertib dalam melaksanakan tugas dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Kementerian Keuangan.

 Foto/Teks : LM Faruq//Deti N

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993, 43006
(0374) 43006
kpknl.bima@gmail.com