Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Sinergi dengan BNPB, KPKNL Bima adakan Simulasi Darurat Bencana
Deti Ninggarwati
Senin, 29 April 2019   |   185 kali

Bima – Jumat (26/04) memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada 26 April, bertempat di Aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima diselenggarakan Sosialisasi Siap Siaga Bencana. Dalam acara ini KPKNL Bima kedatangan Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kota Bima yang  memberikan sosialisasi dan memandu jalannya simulasi darurat bencana. Sosialisasi diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Bima.

“Program sosialisasi dan simulasi ini bagus untuk kita agar paham bagaimana tindakan kita saat terjadi bencana”, Sambut Nyoman, Kepala KPKNL Bima, ketika membuka acara. Ada tiga hal yang harus diketahui ketika terjadi bencana. Pertama ancaman dan bahaya yang ada ketika bencana itu terjadi. Kedua, bagaimana teknik yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri dan yang ketiga yaitu tindakan sigap dan cepat tanggap melaksanakan penyelamatan tersebut.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi dari narasumber Immawan Muslimin, Kepala Seksi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bima. Dipaparkan oleh Immawan bahwa gempa dapat terjadi setiap saat, kapanpun dan dimana saja. Hal ini dikarenakan lempeng bumi yang terus bergerak. Ancaman yang terjadi antara lain gempa bumi, tsunami, banjir, dll. Saat terjadi bencana, hindari area yang terbuat dari kaca, lindungi kepala dengan kedua tangan, dan bersembunyi di tempat yang kuat pondasinya. Ketika sedang berada di pantai, segera berpindah ke daerah yang lebih tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Immawan mendemonstrasikan penggunaan alat pemadam kebakaran ketika terjadi kebakaran di dalam dan di luar ruangan. Simulasi bencana dilakukan di setiap ruang kantor KPKNL Bima. Para pegawai berlindung di meja dan kursi. Ketika mendengar sirine tanda bahaya, dengan sigap seluruh pegawai keluar menuju halaman depan. Simulasi berjalan lancar dan pegawai paham bagaimana tindakan yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.  

 

Foto/Teks : Deti N

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini