Bima – (12/03) Bertempat di Aula Kantor Pelayanan
Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima diadakan sosialisasi terkait
pengembangan pegawai dan sosialisasi terkait Pengelolaan Kinerja. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala KPKNL Bima, Nyoman Heryawan Triana Putra serta diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Bima.
Dalam sambutannya, Nyoman menyampaikan ada program –
program unggulan mengenai pengembangan SDM yang sudah dirancang oleh Bagian
Sekretariat Kantor Pusat DJKN. Program pengembangan SDM ini sangat penting
untuk menunjang kinerja KPKNL Bima ke depan. Program pengembangan ini juga
merupakan IKU yang harus dilaksanakan. Nyoman berharap mayoritas pegawai KPKNL
Bima yang diisi oleh pegawai muda dapat mengikuti program – program
pengembangan yang ditawarkan oleh DJKN. Sosialisasi mengenai capaian kinerja juga
perlu dilaksanakan agar setiap hasil pekerjaan KPKNL Bima yang sudah
dilaksanakan dapat dilaporkan tepat waktu dan akuntabel.
Kepala Subbagian Umum KPKNL Bima, Gaspar Bacenti Fernandez, memaparkan mengenai pengembangan pegawai. DJKN mempunyai program pengembangan pegawai antara lain DJKN Muda, manajemen talenta, diklat, OJT Development Program, beasiswa dalam dan luar negeri. Adanya program ini diharapkan dapat menunjang kegiatan teknis yang ada di KPKNL Bima. Masing – masing pegawai diwajibkan menempuh 24 jam latihan. Pegawai diharapkan dapat aktif untuk mengikuti sosialisasi, seminar, Forum Group Discussion, ataupun Sharing Session. Pegawai yang akan mengikuti program pengembangan diwajibkan melapor kepada Biro SDM untuk mendapat izin mengikuti pelatihan. Pendaftaran diklat dapat diakses melalui aplikasi diklat DJKN.
Dalam kesempatan yang sama, pelaksana Seksi Kepatuhan Internal, Aditya Wahyu Nugroho memaparkan pengelolaan kinerja
dan capaian kinerja. Aditya menjelaskan bahwa Kepala Kantor memiliki kontrak
kinerja yang kemudian akan diturunkan ke kepala seksi dan pelaksana. Kontak
kinerja Kepala Kantor terdiri dari peta strategi, rincian target kinerja,
inisiatif strategis, dan perjanjian kinerja. Peta strategi terdiri dari stakeholder perspective, customer perspective, internal process perspective, learning and growth perpective Bima. Untuk
pelaporan yang lebih akuntabel, disosialisasikan juga google sheet yang telah
dibuat Adit yang dapat diakses dan diupdate oleh masing – masing seksi.
Para pejabat dan Pegawai yang
mengikuti sosialisasi tampak antusias mengajukan pertanyaan terkait
pengembangan pegawai dan pengelolaan kinerja. Diharapkan sosialisasi ini
dapat meningkatkan pengetahuan pegawai dan menjadikan keterbukaan untuk capaian
kinerja 2019.
Foto/Teks
: Faruq / Deti N