KPKNL Bima
Berita DJKN

KPKNL Bima Tingkatkan Soft Competency Pegawai

Sabtu, 28 April 2018   |   156 kali

Bima – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Peningkatan Soft Competency di halaman depan dan Ruang Aula KPKNL Bima pada Kamis (26/4).

Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun ini terselenggara atas kerja sama antara Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Keuangan. Tema yang diusung kali ini adalah “Bersinergi Untuk Negeri, Revaluasi BMN Tuntas Berkualitas”. Hadir sebagai motivator dalam  kegiatan tersebut salah seorang Widyaiswara Madya dari Pusdiklat Pengembangan SDM Kementerian Keuangan, Khalimi yang didampingi oleh asistennya, Muhamad Fahmi Huda. Selain itu hadir juga seorang narasumber dari Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN, Ima Mela Sari.

Dalam sambutannya, Kepala KPKNL Bima, Selo Tarnando S berharap agar seluruh pegawai agar dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan semangat  agar kegiatan yang dilaksanakan bisa memberikan energi yang positif dan meningkatkan kemampuan kerjasama serta komunikasi yang baik bagi pegawai  dalam melaksanakan aktivitas  dan efektifitas penyelesaian tugas pokok sehari-harinya  terutama menyelesaikan revaluasi BMN tahun 2018 secara tuntas, tepat waktu dan tepat kualitas.

Kegiatan ini berlangsung selama sehari penuh dengan dibagi dalam dua sesi yaitu sesi indoor dan sesi outdoor. Kegiatan outdoor  dilakukan di halaman depan KPKNL Bima, diisi dengan beberapa bentuk kegiatan permainan dan interaksi untuk menguji kekompakan, analisa, ketelitian dan kerjasama tim atau keputusan suatu kelompok dalam menentukan suatu jawaban atas permasalahan. Melalui permainan ini dapat dipetik pelajaran bahwa dalam melakukan kerja kelompok memerlukan strategi, kesabaran dan sinergi untuk tercapainya suatu tujuan. Para peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok membuat nama dan menyampaikan yel-yel yang unik. Beberapa bentuk permainan menarik yang ditampilkan dan dilakukan, diantaranya permainan memecahkan misteri, memindahkan air ke botol dengan mengunakan sponge dan permainan adu kecepatan dan ketangkasan melalui media balon dan kelereng.

Untuk kegiatan indoor  dilakukan di Ruang Aula KPKNL Bima. Sebagai motivator dan narasumber, Khalimi menyampaikan materi tentang hal-hal yang mendasari dalam berkomunikasi dan diselingi dengan permainan menarik lainnya. Ia menjelaskan bahwa komunikasi yang baik dan efektif dapat terbentuk melalui Reach  yang berarti memiliki sikap menghormati dan menghargai lawan bicara, Empathy adalah kemampuan menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain, Audible yang berarti dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik, Clarity adalah pesan yang disampaikan harus jelas sehingga tidak menimbulkan multi tafsir dan yang terakhir Humble yaitu dalam berkomunikasi harus rendah hati kepada siapa pun yang diajak berkomunikasi tanpa memandang posisi, pangkat, atau jabatan.

Pada sesi terakhir, Ima Mela Sari dari Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN menyampaikan Current Issue tentang seluk beluk kepegawaian, hard competency, pola mutasi, absensi, penyelenggaraan diklat dan beasiswa bagi para pegawai DJKN. (Penulis : Harun Husin / Foto : Tim Kehumasan H.I)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993, 43006
(0374) 43006
kpknl.bima@gmail.com