Bima – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)
Bima menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Peningkatan Soft Competency di halaman depan dan Ruang Aula KPKNL Bima pada
Kamis (26/4).
Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun ini terselenggara atas kerja sama
antara Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN dengan Pusat Pendidikan dan
Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Keuangan. Tema yang
diusung kali ini adalah “Bersinergi Untuk Negeri, Revaluasi BMN Tuntas
Berkualitas”. Hadir sebagai motivator dalam kegiatan tersebut
salah seorang Widyaiswara Madya dari Pusdiklat Pengembangan SDM Kementerian
Keuangan, Khalimi yang didampingi oleh asistennya, Muhamad Fahmi Huda. Selain
itu hadir juga seorang narasumber dari Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN, Ima
Mela Sari.
Dalam sambutannya, Kepala KPKNL Bima, Selo Tarnando S berharap agar seluruh
pegawai agar dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan semangat agar
kegiatan yang dilaksanakan bisa memberikan energi yang positif dan meningkatkan
kemampuan kerjasama serta komunikasi yang baik bagi pegawai dalam
melaksanakan aktivitas dan efektifitas penyelesaian tugas pokok sehari-harinya
terutama menyelesaikan revaluasi BMN tahun 2018 secara tuntas, tepat
waktu dan tepat kualitas.
Kegiatan ini berlangsung selama sehari penuh dengan dibagi dalam dua sesi
yaitu sesi
indoor dan sesi outdoor. Kegiatan outdoor
dilakukan di halaman depan KPKNL Bima, diisi dengan beberapa bentuk
kegiatan permainan dan interaksi untuk menguji kekompakan, analisa, ketelitian
dan kerjasama tim atau keputusan suatu kelompok dalam menentukan suatu jawaban
atas permasalahan. Melalui permainan ini dapat dipetik pelajaran bahwa dalam
melakukan kerja kelompok memerlukan strategi, kesabaran dan sinergi untuk
tercapainya suatu tujuan. Para peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap
kelompok membuat nama dan menyampaikan yel-yel yang unik. Beberapa bentuk permainan
menarik yang ditampilkan dan dilakukan, diantaranya permainan memecahkan
misteri, memindahkan air ke botol dengan mengunakan sponge dan permainan adu
kecepatan dan ketangkasan melalui media balon dan kelereng.
Untuk kegiatan indoor dilakukan di Ruang Aula KPKNL
Bima. Sebagai motivator dan narasumber, Khalimi menyampaikan materi tentang
hal-hal yang mendasari dalam berkomunikasi dan diselingi dengan permainan
menarik lainnya. Ia menjelaskan bahwa komunikasi yang baik dan efektif dapat
terbentuk melalui Reach yang berarti memiliki sikap
menghormati dan menghargai lawan bicara, Empathy adalah
kemampuan menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang
lain, Audible yang berarti dapat didengarkan atau
dimengerti dengan baik, Clarity adalah pesan yang
disampaikan harus jelas sehingga tidak menimbulkan multi tafsir dan yang
terakhir Humble yaitu dalam berkomunikasi harus rendah hati
kepada siapa pun yang diajak berkomunikasi tanpa memandang posisi, pangkat,
atau jabatan.
Pada sesi terakhir, Ima Mela
Sari dari Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN menyampaikan Current Issue tentang seluk beluk kepegawaian, hard competency, pola mutasi, absensi, penyelenggaraan diklat dan
beasiswa bagi para pegawai DJKN. (Penulis : Harun Husin / Foto : Tim Kehumasan
H.I)