Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Aneka Lomba Memperingati Hari Oeang RI ke-71 di Kota Bima
Harun Husin
Senin, 23 Oktober 2017   |   666 kali

Bima - Ada yang berbeda dan menarik perhatian dalam menyongsong dan memeriahkan peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke-71 ini. Panitia penyelenggara acara di lingkup instansi vertikal Kementerian Keuangan Kota Bima yang meliputi KPKNL Bima, KPP Bima dan KPPN Bima mengadakan berbagai kegiatan lomba mulai cabang olahraga eksibisi, turnamen, lomba masak, bakti sosial hingga jalan  sehat/family gathering.

Rangkaian perlombaan tersebut mulai diselenggarakan sejak minggu pertama bulan Oktober 2017 hingga akan berakhir sebelum pelaksanaan upacara bendera sebagai puncak acara peringatan Hari Oeang RI ke-71.

Masih dalam rangkaian acara fun day pada  Jum’at (20/10/2017) pagi, tidak kurang dari 100 orang pegawai dan ibu-ibu Dharma Wanita KPPN Bima ikut hadir dan memadati halaman KPPN Bima. Mereka mengikuti senam bersama dan akan  menyaksikan para peserta lomba yang akan mengikuti berbagai jenis lomba yang unik, lucu dan menarik. Lomba antara lain memasak nasi goreng, balapan bakiak, memasukan pensil ke dalam botol, memasukan biskuit ke mulut, joget balon dan memindahkan belut khusus putri.

Sebelum acara dimulai, Ketua Panitia Penyelenggara Lomba dari KPPN Bima, Arif yang diminta tanggapannya mengenai kegiatan acara  ini menuturkan bahwa tujuan acara lomba ini adalah untuk memupuk Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dan menjadi media dalam rangka usaha memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

“Penyelenggaraan lomba olahraga dan acara kegiatan lainnya ini adalah acara penunjang dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Oeang RI ke-71 yang telah ditetapkan setiap tahunnya jatuh pada tanggal 30 Oktober, “ ujarnya.

Mengawali acara yang dimulai tepat pukul 08.00 WITA, Pemandu acara dari KPKNL Bima, Aditya Wahyu Nugroho yang didampingi oleh Nungky, pegawai dari KPP Bima menjelaskan tata cara aturan lomba kepada para peserta dan para suporter tim yang hadir, sekaligus  memimpin acara doa bersama yang kemudian  dilanjutkan dengan senam Maumere bersama.

Acara lomba yang menjadi perhatian dan sorak sorai para suporter masing-masing tim adalah lomba balap balon. Kali ini, pesertanya harus berpasangan. Tugasnya adalah membawa balon keseberang arena kemudian kembali ke garis start dengan balon yang dijepit dengan kepala. Peserta harus mampu mengkkordinasikan langkah kaki dengan pasangannya, sementara mereka harus mampu berkonsentrasi menekan balon dengan kepala agar balon tidak terlepas. Tidak kalah menarik dan seru, setiap para peserta yang mendengar alunan musik dibunyikan oleh panitia maka para peserta harus berhenti berjalan sesaat sambil tetap membawa balon sambil berjoget dengan kreasinya  yang lucu. Tegang, itulah  yang tampak pada wajah-wajah peserta balapan jalan bakiak raksasa ketika aba-aba ketiga tanda lomba dimulai, kaki mereka dengan pasti melangkah sambil terus bergandengan tangan dengan kepala menjepit balon.

Tidak kalah seru dan menarik serta sudah ditunggu-tunggu diakhir acara yaitu menyaksikan lomba memasukan belut kedalam botol yang khususnya  diikuti oleh peserta putri. Memasukan belut ke dalam botol adalah sebuah perlombaan yang sangat menantang bagi sebagian peserta, untuk memegang dan memasukkannya ke dalam botol dibutuhkan keahlian khusus karena permukaan kulit belut sangat licin.

Lomba berlangsung semarak, sebagian peserta ternyata masih merasa geli dan sedikit takut saat memegang belut yang ditaruh di dalam ember berair  yang telah disediakan oleh panitia. Beberapa peserta itu berkali-kali terlihat kesulitan memegang dan membawa belut untuk diletakkan di dalam botol yang telah disiapkan.

Diakhir acara,  panitia menyampaikan bahwa seluruh hasil lomba yang diselenggarakan selama ini akan diumumkan secara resmi bertepatan pada waktu  upacara peringatan Hari Oeang ke-71. Momen kegiatan yang menggembirakan seluruh pegawai Kementerian Keuangan Kota Bima ini ditutup dengan doa dan foto bersama. (Teks  : Harun Husin, foto : Tim Kehumasan H.I)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini