Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
KPKNL Bima Menggelar Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Revaluasi BMN
Harun Husin
Jum'at, 08 September 2017   |   205 kali

Bima - Dalam rangka menyongsong kegiatan verifikasi data awal kegiatan Revaluasi BMN, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima, Selasa (05/9/2017) menggelar acara kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Revaluasi Barang Milik Negara (BMN) dengan mengundang Satuan Kerja yang berada pada wilayah kerja KPKNL Bima yang meliputi Kabupaten/Kota Sumbawa, Dompu dan Bima.

Acara yang bertempat di Aula KPKNL Bima tersebut diikuti oleh 50 peserta dari 30 perwakilan Satker. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) KPKNL Bima, Mahfud.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Revaluasi  BMN ini sangat penting artinya dan bertujuan untuk memperoleh nilai aset tetap yang paling update dalam laporan keuangan dan meningkatkan leverage BMN sebagai underlying asset  untuk penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) pemerintah melalui Kementerian Keuangan. Disamping itu revaluasi BMN juga bertujuan untuk membangun database BMN yang lebih baik untuk kepentingan pengelolaan BMN di masa-masa yang akan datang dan untuk memudahkan pengidentifikasian aset menganggur (idle) agar dapat dioptimalkan.

Selanjutnya hadir sebagai narasumber salah satu staf pelaksana pada Seksi PKN, Aditya Wahyu Nugroho. Dalam awal paparannya ia menjelaskan materi pengenalan revaluasi BMN beserta tahapan-tahapannya dan serta pedoman pelaksanaan revaluasi BMN. Aditya mengharapkan pertemuan ini dapat menyatukan komitmen bersama untuk menyelesaikan kegiatan revaluasi BMN dengan baik dan tepat waktu sehingga dapat menghasilkan nilai yang valid.

Dalam kesempatan yang sama, Aditya menyampaikan "Setidaknya terdapat 55 Satker dengan total jumlah BMN berupa tanah dan bangunan yang akan direvaluasi sebanyak 579 unit dengan nilai BMN sebesar Rp3.180.787.969.703,00, Sedangkan Tim yang akan melaksanakan kegiatan tersebut sebanyak 3 Tim dari KPKNL Bima dan dibantu perwakilan dari satker masing-masing 1-2 orang," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, peserta diberikan pembekalan tata cara pengisian formulir pendataan obyek revaluasi BMN dan Bimtek Aplikasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) Fitur Penilaian Kembali  yang bertujuan untuk digitalisasi seluruh dokumen penilaian kembali BMN yang pada akhirnya dapat menghasilkan database Nasional hasil penilaian sehingga proses penilaian menjadi lebih mudah, cepat, efektif dan efisien. Rangkaian kegiatan acara sosialisasi dan bimbingan Bimtek Revaluasi BMN yang dilaksanakan secara sederhana ini diakhiri dengan sesi tanya jawab seputar materi yang disampaikan.           

(Teks dan Foto : Harun Husin-Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini