Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Biak > Berita
Upacara Bendera Memperingati HORI ke-76 Tahun 2022
Ari Ma'ruf Faruqi
Senin, 31 Oktober 2022   |   49 kali

Biak (31/10) KPKNL Biak mengikuti upacara bendera memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-76 Tahun 2022 sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 di lapangan Gedung Keuangan Negara Biak. Tidak hanya KPKNL Biak, upacara bendera ini juga diikuti oleh unit Kemenkeu Satu Biak antara lain Sub Perwakilan Kementerian Keuangan Biak, KPPN Biak, KPPBC Tipe Madya Pabean C Biak, dan KPP Pratama Biak serta perwakilan dari lembaga perbankan.

Tampil sebagai Inspektur Upacara yaitu Bapak Awalludin Ikhwan selaku Kepala KPKNL Biak sekaligus sebagai Kepala Sub Perwakilan Kementerian Keuangan Biak. Sedangkan para petugas upacara merupakan gabungan dari pegawai KPKNL Biak, KPPN Biak, KPPBC Tipe Madya Pabean C Biak, dan KPP Pratama Biak. Upacara bendera dilaksanakan dengan khidmat di tengah cuaca pagi Kota Biak yang cerah, para peserta upacara dengan seksama menyimak Naskah Putusan-Putusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 dan Naskah Detik-detik Beredarnya Uang Republik Indonesia, serta Pidato Amanat Menteri Keuangan yang dibacakan oleh Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya, Menteri Keuangan berharap semoga peringatan HORI mampu menjadi titik perhentian sejenak untuk merefleksikan diri dan memetakan langkah-langkah ke depan, bagaimana Kementerian Keuangan terus menjaga dan mewujudkan cita-cita Indonesia, serta berharap seluruh jajaran Kementerian Keuangan dapat terus memberikan kontribusi terbaik dimanapun dengan mengedepankan semangat gotong royong dan kolaborasi di dalam kemajemukan.

Jajaran Kementerian Keuangan harus mampu merespon tantangan yang hadir dengan cepat dan kuat, serta selalu optimis dan yakin akan mampu mengatasi berbagai tantangan tersebut. Jajaran Kementerian Keuangan juga harus terus memperjuangkan komitmen dalam mewujudkan pemulihan ekonomi. Seluruh jajaran Kementerian Keuangan diharap mampu menjadi insan yang sigap dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan yang tentu tidak mudah, dan mulai melihat masalah dan tantangan baru dengan pendekatan solution-based thinking (berfokus pada solusi), bukan problem-based thinking.

Selanjutnya, sinergi dan kolaborasi antar unit Kementerian Keuangan juga harus terus diperkuat. Sinergi dan kolaborasi lintas unit perlu diwujudkan melalui penyusunan berbagai kebijakan fiskal yang saling terkoneksi, termasuk dalam pelaksanaan hingga pengawasannya. Dengan semangat Kemenkeu Satu, sinergi dan kolaborasi menjadi kunci agar dengan sumber daya yang terbatas mampu menciptakan manfaat yang lebih luas.

Terakhir jajaran Kementerian Keuangan harus membuka diri untuk terus belajar hal-hal baru dan meningkatkan kompetensi harus dijadikan budaya di Kementerian Keuangan. Dengan budaya belajar dan kemauan untuk terus meningkatkan kompetensi, proses transfer pengetahuan dan informasi, adaptasi terhadap hal-hal baru, serta diiringi doa yang tulus, Kementerian Keuangan diyakini memiliki bekal yang baik untuk lebih siap dan lebih cepat merespon tantangan-tantangan tersebut dan lebih percaya diri serta optimis bahwa setiap tantangan akan ditemukan jalan keluarnya.

Semangat Hari Oeang diharapkan menjadi inspirasi bagi Kementerian Keuangan untuk menyejahterakan bangsa melalui berbagai cara. Dengan semangat peringatan HORI ke-76 Tahun 2022, KPKNL Biak yang menjadi bagian dari Kemenkeu Satu Biak senantiasa siap untuk sigap hadapi tantangan dan tangguh kawal pemulihan perekonomian Indonesia terutama di wilayah Kabupaten Biak Numfor dan sekitarnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini