Kamis (15/6), KPKNL Biak
melaksanakan sosialisasi terkait pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas
Korupsi (ZI-WBK) melalui program “Pojok Keuangan” yang diadakan oleh Radio Republik
Indonesia (RRI) Biak. Dengan ditemani oleh pembawa acara RRI Biak Okky
Pinontoan, narasumber yang hadir mewakili KPKNL Biak yaitu Bapak Doddy
Kristianto selaku Koordinator ZI-WBK dan Algin Eshar Perdana selaku pegawai
teladan KPKNL Biak.
Tujuan pembangunan ZI-WBK yang
dilakukan oleh KPKNL Biak yaitu mencegah terjadinya tindakan (KKN) korupsi,
kolusi dan nepotisme serta meningkatkan kualitas pelayanan publik, meningkatkan
akuntabiltas kinerja, menyusun kontrak kinerja dan mengadakan penyuluhan
tentang anti gratifikasi dan penanggulangan korupsi, mengajak peran serta
masyarakat dalam melaksanakan pemantauan, penilaian, dan memberikan masukan
untuk perbaikan demi mencegah terjadinya kecurangan dan korupsi, serta
meningkatkan pelayanan KPKNL Biak terhadap masyarakat dan seluruh pemangku
kepentingan.
Demi mewujudkan Kementerian
Keuangan khususnya di KPKNL Biak sebagai institusi pemerintahan yang baik,
berkualitas, bermartabat, terpercaya, dihormati, dan disegani serta bebas dari
korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), pembangunan KPKNL Biak untuk mendapatkan
predikat WBK diharapkan akan menjadi model pencegahan korupsi yang lebih
efektif, karena pada unit kerja ini dilakukan berbagai upaya pencegahan korupsi
secara nyata dan terpadu.
Dalam rangka untuk mendapatkan
predikat tersebut KPKNL Biak melakukan tahapan-tahapan sebagai berikut yaitu
melakukan pembentukan Tim Pembangunan Zona Integritas di KPKNL Biak,
mencanangkan Zona Integritas, melakukan sosialisai WBK/WBBM pada pihak internal
KPKNL Biak, masyarakat, serta stakeholder, memetakan masalah-masalah yang
terkait dengan komponen penilaian, memenuhi indikator penilaian yang dimaksud,
evaluasi oleh Inspektorat Jenderal Kemenkeu berpedoman pada Permenpan & RB
No. 52 Tahun 2014, penilaian oleh Tim Independen, dan pada tahap akhir setelah
penetapan satker WBK oleh MenpanRB.
Berbagai macam inovasi
sudah dilakukan oleh KPKNL Biak demi meningkatkan pelayanan yang lebih baik
kepada masyarakat maupun stakeholder.
Inovasi yang dilakukan oleh KPKNL Biak yaitu terkait dengan pelayanan lelang,
penilaian, pengelolaan kekayaan negara, maupun piutang negara. Bahkan pelayanan di Area Pelayanan Terpadu (APT) dibuat senyaman mungkin dengan segala sumber
daya yang ada agar masyarakat maupun stakeholder
yang datang bisa lebih betah dan mendapatkan kesan yang baik terhadap KPKNL
Biak.