Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Biak > Berita
Lelang UMKM di Kabupaten Biak Numfor
Bisma Alfa Arif Wicaksono
Rabu, 22 Juni 2022   |   97 kali

    Kamis (2/6), bersama dengan host RRI Biak Okky Pinontoan menyapa para pendengar setia RRI Biak. Ditemani dengan para narasumber dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Biak (KPKNL Biak) yaitu Bapak Mukhammad Iqbal Taufiqi (Pejabat Lelang Kelas I KPKNL Biak) dan Bapak  Halim Putra Wijaya (Asisten Pejabat Lelang KPKNL Biak). Hadir dalam program “Pojok Keuangan” yang diselenggarakan oleh RRI Biak dengan channel 191,6 FM dengan tema “Bangkit Bersama, Lelang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Biak Numfor”.

    Hal pertama yang perlu diketahui yaitu tujuan dari adanya lelang Lelang UMKM. Dalam paparannya Bapak Mukhammad Iqbal Taufiqi menjelaskan bahwa program lelang UMKM sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu, namun karena adanya pandemi program tersebut menjadi kurang tersosialisasi kepada masyarakat luas.

    Saat ini program “Lelang UMKM” digaungkan kembali demi mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta memperbanyak sarana agar UMKM dapat lebih berkembang dalam keadaan yang sulit ini. Selaras dengan program PEN untuk menggerakkkan roda perekonomian, melalui situs lelang.go.id penjual maupun pembeli dapat berpartisipasi untuk mengikuti lelang tersebut tanpa memperdulikan mereka berasal dari masyarakat kelas kecil, menengah, maupun atas. Karena dengan konsep “online shop” yang ada di situs lelang.go.id proses jual-beli barang tersebut menjadi transparan dengan harga yang sangat beragam. Harapannya program Lelang UMKM ini dapat menjadi kegiatan yang konsisten untuk kedepannya dengan partisipasi masyarakat yang terus meningkat dan dapat membantu UMKM di daerah papua.

    Untuk program “Lelang UMKM” itu sendiri, dari pihak KPKNL Biak akan turut serta dalam memasarkan produk-produk tersebut yang akan memberikan peluang yang lebih luas kepada khususnya masyarakat di wilayah kerja KPKNL Biak. Sosialisasi-sosialisasi sejenis akan terus kami galakkan sebagai salah satu eduksi kepada masyarakat bahwa peluang UMKM, pelaku usaha, atau masyarakat umum bahwa kesempatan  untuk berkembang juga lewat situs lelang.go.id.

    Untuk tujuan Lelang UMKM itu sendiri yaitu untuk mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Kabupaten Biak Numfor yang akan memberikan kontribusi juga ke perekonomian nasional, menumbuhkan semangat para pelaku UMKM untuk terus memasarkan produk-produk khas papua, memunculkan produk-produk yang unik, unggul, serta berkualitas, sebagai sarana edukai untuk menambah pengetahuan dan pemahanan dalam hal pemasaran, memberikan kontribusi penerimaan negara, dan memperluas peran serta UMKM.

    Untuk menjadi penjual dalam program lelang UMKM syaratnya cukup mudah yaitu objek lelang (objek yang akan dijual) merupakan produk asli papua, sesuai/identik dengan adat istiadat masyarakat papua, produk yang dijual dapat dilakukan untuk pengiriman jarak jauh serta tahan lama, barang dapat diterima dalam kondisi yang baik oleh pembeli, dan melampirkan foto barang tersebut dari berbagai sisi. Sedangkan untuk pembeli dapat mengkuti proses pendaftaran yang terdapat di situs leng.go.id hanya dengan syarat KTP, NPWP dan nomor rekening, dimana proses selanjutnya akan dibantu langsung oleh KPKNL Biak.

Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini