Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Biak > Berita
Social Project KPKNL Biak, Meningkatkan Kepedulian terhadap Sesama melalui Sunatan Massal dan Santunan ke Panti Asuhan
Ashar Hamka
Kamis, 10 Februari 2022   |   62 kali

Biak – KPKNL Biak mengadakan rangkaian bakti sosial sebagai salah satu bukti kontribusi secara langsung Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada masyarakat terutama di masa pandemi. Rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari acara sunatan massal gratis dan santunan kepada panti asuhan di daerah Kabupaten Biak Numfor.

Kegiatan  sunatan massal dibuka untuk umum dengan kuota peserta 20 orang dan dilaksanakan pada Sabtu (5/2), Publikasi mengenai kegiatan ini mendapat animo yang baik dari masyarakat Biak. Peserta yang datang wajib melakukan cek suhu, mencuci tangan, dan memakai masker yang disediakan oleh panitia dalam rangka mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Acara diawali dengan sambutan dari  Kepala KPKNL Biak kepada peserta dan orang tua peserta sunatan yang datang. “Sudah sepantasnya bagi kita untuk bermanfaat bagi sesama, dan kami harap adik-adik sekalian kelak dapat menjadi pemuda tonggak bangsa dan senantiasa memberikan kontribusi kepada masyarakat, salah satunya dengan mengabdi di sini, KPKNL Biak”, Ujar Muthoharul Janan selaku Kepala KPKNL Biak yang diamini oleh seluruh peserta dan orang tua peserta di ruangan aula KPKNL Biak.  

Kegiatan dilanjutkan dengan acara sunatan, sunatan ditangani oleh Dokter dari Rumah Sakit Angkatan Udara Manuhua Biak dan menggunakan alat dan fasilitas yang steril untuk memastikan keamanan dan kesehatan peserta sunatan. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan penuh antusias baik dari pihak panitia maupun peserta, terbukti dengan adanya tambahan peserta yang mendaftar di tengah acara sehingga jumlah peserta sunatan mencapai 22 orang. Janan menambahkan dengan adanya kegiatan bakti sosial seperti ini, akan terjalin hubungan yang baik antara pemerintah dan masyarakat, yang nantinya akan menimbulkan awareness pada masyakat tentang tugas, fungsi, dan pelayanan KPKNL Biak. “Bertambahnya pemahaman masyarakat terhadap pelayanan kami diharapkan nantinya menjadi hubungan yang bersih dan saling mengevaluasi dalam rangka menciptakan KPKNL Biak sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” tambahnya.

Rangkaian bakti sosial dilanjutkan dengan santunan langsung kepada anak-anak yatim/piatu dan kurang mampu pada Senin (7/2), yang pada kesempatan ini ditujukan kepada panti asuhan Hidayatullah yang terletak di Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor. Abdul Qadir selaku kepala panti asuhan menjelaskan bagaimana panti asuhan yang berada di bawah Masjid Hidayatullah ini menampung dan mengasuh 37 anak dari tingkat TK sampai SMA yang merupakan yatim/piatu dan berasal dari keluarga kurang mampu dengan nilai-nilai norma dan agama agar kelak dapat menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama.

Kunjungan diakhiri dengan pemberian santunan yang berasal dari Dana Kotak Amal dan Zakat Pegawai dan kepada panti asuhan Hidayatullah. “Semoga kebaikan yang telah diberikan dibalas berkali lipat oleh Allah SWT, dan selalu senantiasa diberikan kesehatan”, ujar Abdul Qadir.

Text/Foto : Seksi HI

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini