Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Biak > Berita
DIALOG INTERAKTIF DENGAN TEMA LELANG HAK TANGGUNGAN
Mohammad Iqbal Firzada
Senin, 08 Februari 2021   |   547 kali

Kamis (3/2), KPKNL Biak berkesempatan mengisi programa “Pojok Keuangan” di RRI Pro 1 Biak 96,1 FM dengan mengusung tema Lelang Hak Tanggungan. Dialog interaktif bersama RRI dipandu oleh host Okky Pinontoan dan narasumber Ahmad Afan Hakim (Kepala Seksi Pelayanan Lelang). Diawali oleh host memperkenalkan profil narasumber kemudian memulai serangkaian pertanyaan terkait lelang hak tanggungan. Selanjutnya dialog pun berjalan lancar dan sarat diskusi.

Afan memulai menanggapi dengan memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis lelang yang dikelola oleh DJKN/KPKNL. “Jenis-jenis lelang dimaksud terdiri dari lelang eksekusi, lelang non eksekusi wajib, dan lelang non eksekusi sukarela. serta untuk lelang hak tanggungan merupakan salah satu kategori pada jenis lelang eksekusi”. Lelang Hak Tanggungan adalah lelang untuk melaksanakan Pasal 6 UUHT yaitu, Apabila debitur cidera janji, pemegang Hak Tanggungan pertama mempunyai hak untuk menjual obyek Hak Tanggungan atas kekuasaan sendiri melalui pelelangan umum serta mengambil pelunasan piutangnya dari hasil penjualan tersebut. Lelang Hak Tanggungan akan terlaksana jika ada permohonan dari pemohon lelang dan berkas telah dinyatakan lengkap dan benar secara procedural”.

Durasi 60 menit dipergunakan seoptimal mungkin, penjelasan demi penjelasan diurai secara sistematis oleh narasumber termasuk pencapaian kinerja lelang KPKNL Biak ditahun sebelumnya dan bagaimana strategi selanjutnya ditahun 2021 dalam memberikan layanan terbaik bagi stakeholders/pegguna layanan lelang melalui www.lelang.go.id, tujuannya tak lain untuk meningkatkan pendapatan negara sebagai kontribusi DJKN ke kas negara dalam bentuk PNBP.

        Di akhir dialog, narasumber pada closing statement menyampaikan, “KPKNL Biak akan terus berbenah untuk meningkatkan layanan unggulan yang dimiliki baik berupa layanan lelang, pengelolaan BMN, penilaian dan pengurusan piutang negara. Berbagai informasi mengenai layanan tersebut sangat mudah diketahui dan diakses oleh masyarakat melalui media informasi KPKNL Biak pada website dan media sosial. Informasi tersaji secara berkesinambungan dari setiap layanan unggulan tersebut, seperti halnya pada dialog interaktif kali ini kami live melalui media sosial Instagram, tujuannya agar masyarakat mengenal lebih dekat mengenai KPKNL Biak berikut layanan unggulannya”.  

@Teks/Foto : Seksi HI KPKNL Biak

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini