Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Biak > Berita
Inginkan Revaluasi tuntas berkualitas, KPKNL Biak adakan sosialisasi tindak lanjut revaluasi BMN di Serui
Rifky Setyarso
Selasa, 02 Oktober 2018   |   177 kali

Serui – Kamis, 20 September 2018, bertempat di Aula Serba Guna KPPN Serui, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Biak mengadakan sosialisasi bertajuk tindak lanjut revaluasi BMN. Acara tersebut diadakan guna mengevaluasi hasil revaluasi tahun 2017-2018.

Acara dibuka oleh Yudi sebagai MC dilanjutkan dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Pada kesempatan pertama, Kepala KPPN Serui, Gerarda Yuliana Weyai memberikan sambutan kepada peserta sosialisasi, beliau menghimbau kepada satker agar melaksanakan pengelolaan BMN sesuai dengan perundangan yang berlaku, Gerarda juga memberi saran kepada satker untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya, “Informasi penting tersebut dapat diperoleh dengan mengikuti acara ini Bersama, apabila ada pertanyaan dapat disampaikan pada forum ini”, jelasnya.

Adi Suharna, selaku kepala KPKNL Biak juga berkesempatan memberikan sambutan dilanjutkan dengan materi singkat tentang penatausahaan BMN, “selain untuk meningkatkan kesadaran kita akan penatausahaan BMN, acara ini juga sebagai ajang silaturahmi bagi kita semua, dan juga untuk menunjukkan sinergi antar satker, kami berharap acara hari ini tidak hanya tentang revaluasi, namun segala yang terkait dengan tugas dan fungsi, kami siap melayani”, tegas Adi.

Acara berikutnya yaitu pemaparan materi penatausahaan BMN oleh Adi Suharna, di dalam pemaparannya Adi menjelaskan tentang dasar-dasar hukum penatausahaan BMN, penetapan status dan penghapusan BMN menjadi topik menarik, dibawakan dengan cara serius tapi santai, Adi Suharna berhasil mengajak peserta sosialisasi untuk lebih mengenal kembali penatausahaan BMN, baik step by step cara pengelolaannya dan berbagai masalah beserta solusinya. “PMK 181 tentang penatausahaan BMN harus menjadi pegangan kita sebagai operator BMN”, jelas Adi.

Acara selanjutnya adalah penjelasan teknis tentang tindak lanjut revaluasi oleh Asmatriadi Anwar,” terkait kuantitas kita sudah selesai, tapi terkait kualitas kita masih belum, kita dituntut menyajikan data yang berkualitas dan terpecaya,”, terang Asmat. Tujuan dari acara ini adalah menyamakan persepsi antara KPKNL dan satker sebagai mitigasi apabila ada pemeriksaan. Asmat menjelaskan bagaimana alur revaluasi mulai dari pendataan di aplikasi SIMAN sampai dengan terbentuknya nilai dan proses penginputan di aplikasi SIMAK BMN.

Ade Yoska pelaksana seksi PKN KPKNL Biak membawakan materi tentang aplikasi SIMANTAP, yaitu aplikasi pendataan tanah bagi satker, Yoska menyampaikan bahwa setiap satker yang memiliki aset berupa tanah wajib memiliki aplikasi tersebut dan melakukan penginputan data sesuai dengan sertifikat yang dimiliki, Yoska juga memberikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara penginputan data awal sampai dengan melakukan pengiriman Arsip Data Komputer/ADK ke KPKNL. Acara berlangsung lancar hingga pukul 14.00 WIT dan ditutup oleh Adi Suharna selaku Kepala KPKNL Biak, “terimakasih atas kehadiran dan perhatiannya, semoga tidak sia-sia apa yang telah kita lakukan, kiranya apa yang tadi disampaikan dapat di follow up baik dari revaluasi maupun SIMANTAP, tingkatkan koordinasi dan komunikasi, kami tunggu feedback dari satker”, tutup Adi. Teks/foto : rs

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini