Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Biak > Artikel
Mencari Sebuah Kontribusi
Ardiansyah Noor Ilham
Jum'at, 07 Agustus 2020   |   234 kali

                  Bekerja pada kantor yang berada jauh dari rumah bukanlah hal mudah untuk dijalani, rasa rindu dengan keluarga dan teman-teman selalu menemani hari-hari kami, ASN pada KPKNL Biak. Biak merupakan sebuah pulau kecil di Teluk Cendrawasih dekat sebelah utara pesisir Provinsi Papua, sekitar 3.500Km dari Jakarta. Jarak yang sangat jauh tidak membuat kami berkeluh kesah dengan keadaan, kami disini tetap memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

               Saat pandemi Covid-19 ditetapkan sebagai status darurat bencana nasional oleh Presiden Jokowi pada bulan Maret 2020, rasa cemas dan khawatir akan keluarga yang sedang berada di wilayah zona merah membuat saya menjadi tidak fokus dalam melakukan pekerjaan sehar-hari, tidak sedikit konsep nota dinas ataupun surat yang ditolak oleh atasan saya. Terbesit keinginan untuk pulang ke homebase pada saat-saat terakhir sebelum penerbangan ditutup secara nasional, namun atasan memberikan semangat dan motivasi untuk saya agar tetap tinggal di Biak selama pandemi ini berlangsung.

               Seksi Pelayanan Lelang pada masa pandemi ini pada awalnya mengalami kesulitan dalam melakukan proses kegiatan kerja, salah satu penyebabnya adalah berkas fisik permohonan lelang tidak bisa dikirimkan oleh pemohon lelang yang diluar pulau Biak akibat tidak adanya transportasi mengakibatkan Pejabat Lelang tidak bisa memeriksa berkas fisik, pun dengan permohonan secara online yang dimana koneksi internet tidak stabil sehingga perlu perjuangan lebih untuk pemohon lelang mengunggah berkas permohonan.

               Frekuensi lelang pada awal masa pandemi menurun drastis, puncaknya pada bulan Mei dimana tidak ada satupun lelang yang terlaksana walau pada saat itu telah ada kebijakan mengenai lelang secara virtual. Hal ini tak lain adalah imbas dari tidak ada penetapan lelang pada bulan-bulan sebelumnya. Beberapa hari terlewati tanpa melakukan kegiatan yang produktif membuat diri saya berpikir dan pada akhirnya mendapatkan ide mengenai hal-hal yang bisa saya lakukan untuk kantor di masa pandemi ini.

               Hari Raya Idul Fitri merupakan momentum yang tepat untuk menyampaikan pesan yang kami rasakan dalam bekerja dan kami putuskan untuk mengemasnya dalam bentuk video cinematic. Pada proses pembuatannya saya meminta bantuan rekan saya, Ardiansyah yang mempunyai latar belakang aktor teater selaku pemeran utama dan Sonny yang cakap dalam memainkan kamera DSLR miliknya. Tidak perlu waktu lama bagi kami untuk merampungkan video tersebut dan kini video tersebut telah diputar lebih dari 400 kali pada akun instagram KPKNL Biak.

               Pada saat Hari Raya Idul Fitri pula rekan saya yang bernama Daud membuat sebuah karya seni berupa gambar digital, hal ini kemudian menjadi dasar untuk saya mengajukan usulan pembuatan wastafel kreatif. Kepala KPKNL Biak menyetujui usulan ini, didukung Subbagian Umum dalam proses pembelian bahan material sekaligus instalasi memperlancar proses pengerjaan wastafel ini. Tangan Daud dengan lincah memainkan kuas memberikan gambar dan warna yang menarik perhatian agar tamu yang datang dapat melihat wastafel dan segera mencuci tangan sebelum memasuki gedung kantor kami di masa new normal ini.

                Pandemi ini bukanlah halangan bagi kami untuk tetap produktif walaupun mungkin beberapa dari kami tidak dapat berkontribusi maksimal dalam tusi utama namun sesuai dengan arahan Kepala KPKNL bahwa kami disini dapat memberikan kotribusi dalam bentuk apapun untuk kantor tidak hanya terbatas pada pekerjaan sehari-hari, karena kitalah yang akan merasakan manfaat ketika kantor melakukan perubahan untuk hal yang lebih baik. Bukan saya selaku penulis essay ini yang layak dijadikan inspiratif Anda dalam berkontribusi, namun rekan kerja didekat Anda lah yang bisa menjadi inspiratif  dalam bekerja dan berkontribusi. Ketika Anda telah mencintai tempat kerja, pekerjaan dan rekan kerja Anda maka akan banyak hal-hal yang bisa dilakukan untuk berkontribusi lebih untuk kantor bahkan Negara.

 

“ Kamu tidak akan menginspirasi rekan kerjamu dengan menunjukan betapa hebatnya dirimu, kamu akan menginspirasi mereka dengan menunjukan betapa hebatnya mereka”

              

 

Cheffy Mulia Kani Hikma

Mewakili Keluarga KPKNL Biak

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini