Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Cegah Penyalahgunaan, KPKNL Bengkulu Lakukan Pemusnahan Kertas Sekuriti
Lailatul Laraswati Mukharromah
Rabu, 31 Agustus 2022   |   102 kali

Bengkulu – Didampingi oleh perwakilan dari Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu, KPKNL Bengkulu melaksanakan pemusnahan kertas sekuriti pada Selasa (30/8) di ruang Aula KPKNL Bengkulu. Sebanyak 12 lembar kertas sekuriti yang rusak karena kesalahan pengetikan maupun pencetakan milik KPKNL Bengkulu dihancurkan dengan mesin penghancur kertas.

Pemusnahan dilakukan langsung oleh Tsabit Turmudzi, Kepala Subbagian Umum yang mewakili Kepala KPKNL Bengkulu. Kurniawan, Kepala Seksi Bina Lelang II Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu ikut mendampingi kegiatan pemusnahan tersebut. Beserta dua saksi dari masing-masing kantor, yaitu Muhammad Nasir dan Dimas Anggitia Saputra turut menandatangani Berita Acara Pemusnahan Kertas Sekuriti pada KPKNL Bengkulu usai kegiatan selesai dilaksanakan.

Pemusnahan ini dilakukan sesuai Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor PER-2/KN/2012 yang menyatakan apabila terdapat kesalahan dalam pengetikan dan/atau pencetakan kutipan risalah lelang pada kertas sekuriti yang menyebabkan  kertas tersebut tidak jadi digunakan untuk kutipan risalah lelang, kertas tersebut harus disimpan di KPKNL untuk kemudian dimusnahkan/dihancurkan pada masing-masing KPKNL. Pemusnahan disaksikan oleh perwakilan Kanwil dan dibuatkan Berita Acara Pemusnahan/Penghancuran Kertas Sekuriti sekaligus sebagai antisipasi penyalahgunaan.

Kertas sekuriti yang digunakan untuk kutipan risalah lelang dibuat dengan kertas khusus yang memiliki ciri tersendiri dan dilengkapi nomor seri guna mencegah penyalahgunaan dan pemalsuan sehingga dapat menciptakan rasa aman bagi pembeli lelang. Dalam proses produksinya, kertas tersebut ditambahkan fitur-fitur pengaman yang sangat sulit untuk digandakan, tetapi mudah dikenali baik secara langsung (kasat mata) maupun peralatan khusus.

Dengan dilakukannya pemusnahan ini, KPKNL Bengkulu berupaya untuk melindungi pemenang lelang dengan memastikan bahwa pengelolaan kertas sekuriti telah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini