Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bengkulu Terus Berupaya dalam Pemulihan Ekonomi Nasional
Lailatul Laraswati Mukharromah
Rabu, 24 Agustus 2022   |   139 kali

Bengkulu - Perwakilan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu sampaikan capaian kinerja pelaksanaan APBN semester I tahun anggaran 2022 melalui Press Release Kinerja Pelaksanaan APBN s.d. 31 Juli 2022 dan Perkembangan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Provinsi Bengkulu yang bertempat di Aula Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu pada Kamis (18/08). 

 

Press release menghadirkan empat narasumber, yaitu Kepala Kanwil DJPb Bengkulu, Perwakilan KPP Pratama Bengkulu, Perwakilan KPP Bea Cukai Bengkulu, dan Perwakilan KPKNL Bengkulu.

 

Tsabit Turmudzi, Kepala Subbagian Umum sebagai perwakilan dari KPKNL Bengkulu membeberkan capaian kinerja KPKNL Bengkulu hingga 31 Juli 2022 melalui realisasi nilai manfaat ekonomi pengelolaan kekayaan negara dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), portofolio aset evaluasi kinerja BMN, jumlah  bidang tanah yang disertifikatkan, hasil pengurusan piutang negara, hasil lelang, dan kualitas pelaksanaan anggaran.

 

Tsabit turut menekankan bahwa KPKNL terus berupaya dalam Pemulihan Ekonomi Nasional. DJKN akan terus bersinergi bersama Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah, dan perbankan di lingkungan Provinsi Bengkulu untuk penanganan pandemi Covid-19. Salah satunya pada pengelolaan BMN yang mengakomodasi penyederhanaan proses bisnis dan penyesuaian tarif pemanfaatan BMN. Program ini memberikan keringanan tarif sewa dengan diskon tarif hingga 50 persen bagi UMKM yang memanfaatkan BMN milik Kementerian/Lembaga. Dengan ini, BMN tetap optimal dimanfaatkan oleh pelaku usaha serta mampu membantu UMKM dalam meningkatkan Pemulihan Ekonomi Nasional.

 

Selain itu, DJKN juga memperpanjang keringanan utang melalui crash program untuk pelunasan sampai dengan bulan Desember 2022. Melalui program ini, debitur yang yang mengalami kesulitan untuk melunasi utang kepada pemerintah diharapkan dapat terbantu dan memanfaatkan program ini dengan baik.

Tak hanya itu, DJKN melalui portal lelang.go.id juga turut serta memberdayakan UMKM. Marketplace ini dapat dimanfaatkan para UMKM untuk menjual dan memasarkan usahanya. Hal ini membantu UMKM dalam menjangkau konsumen lebih luas dan dapat menjadi solusi alternatif bagi UMKM selain memasarkan secara langsung maupun melalui marketplace lainnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini