Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bengkulu Turut Berperan Aktif pada Pemulihan Ekonomi Nasional di Provinsi Bengkulu
A. Syekhuddin
Senin, 11 April 2022   |   132 kali

BengkuluKepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu sampaikan capaian kinerja sampai Triwulan I Tahun Anggaran 2022 melalui Press Release Kinerja Pelaksanaan APBN s.d. Triwulan I per 31 Maret 2022 dan Perkembangan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Provinsi Bengkulu yang bertempat di Aula Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu pada Senin (11/04). Press release menghadirkan empat narasumber yaitu Kepala Kanwil DJPb Bengkulu, Perwakilan Kepala Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung, Perwakilan KPP Bea Cukai Bengkulu, dan Kepala KPKNL Bengkulu.

 

Kepala KPKNL Bengkulu Teddy Suhartadi Permadi menyampaikan peran DJKN di masa pandemi Covid-19. Salah satunya pada pengelolaan BMN dengan mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 115 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan BMN yang mengakomodir penyederhanaan proses bisnis dan penyesuaian tarif pemanfaatan BMN. Salah satunya memberikan keringanan tarif sewa terhadap UMKM yang memanfaatkan BMN milik Kementerian/Lembaga, sehingga BMN tetap optimal dimanfaatkan oleh pelaku usaha serta mampu membantu UMKM dalam meningkatkan Pemulihan Ekonomi Nasional.

 

Selain itu, DJKN juga menyediakan marketplace yang dapat dimanfaatkan para UMKM untuk menjual dan memasarkan usahanya melalui portal lelang.go.id. Hal ini membantu UMKM dalam menjangkau konsumen lebih luas, karena dapat diakses siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Sehingga, menjadi solusi alternatif bagi UMKM pada masa pandemi ini selain memasarkan secara langsung ataupun melalui marketplace lainnya.

 

Lebih lanjut, peran lain DJKN yaitu melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penyelesaian Piutang Instansi Pemerintah Yang Diurus/Dikelola Oleh Panitia Urusan Piutang Negara/Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Dengan Mekanisme Crash Program Tahun Anggaran 2022. Melalui program ini, diharapkan membantu para debitur yang mengalami kesulitan pada masa pandemi dalam melunasi utang kepada pemerintah, yaitu dengan diberikan tarif keringanan utang sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku pada Peraturan Menteri Keuangan tersebut.

 

KPKNL Bengkulu juga terus bersinergi dan melaksanakan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Kabupaten/Kota) seluruh Provinsi Bengkulu dalam hal meningkatkan Pemulihan Ekonomi Nasional, yaitu Penilaian BMD yang dilakukan oleh Penilai Pemerintah KPKNL Bengkulu pada pemindahtanganan BMD yang diselenggarakan Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Serta penjualan BMD tersebut melalui mekanisme lelang yang diselenggarakan melalui portal lelang.go.id pada KPKNL Bengkulu.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini