Pandemi
Covid-19 mendorong perubahan kebiasaan dimasyarakat, adanya pandemi Covid-19 menuntut
kita untuk lekas beradaptasi dengan keadaan, termasuk dengan kenormalan baru
khususnya dalam implementasi pelayanan terhadap stakeholders.
Hadirnya
pandemi Covid-19 saat ini bukan menjadi halangan bagi KPKNL Bengkulu dalam penyelenggaraan
layanannya. KPKNL Bengkulu bertekad tetap memberikan pelayanan terbaik terhadap
pemangku kepentingan (stakeholders) sekaligus
mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19.
Tekad
tersebut diimplementasikan dengan menyediakan layanan konsultasi secara virtual
kepada seluruh satuan kerja. KPKNL Bengkulu berinovasi dengan membuat sebuah media
yang dinamakan Aplikasi SIMELVI (Siap MELayani secara Virtual). Aplikasi
SIMELVI merupakan inovasi yang dibuat KPKNL Bengkulu dalam memenuhi layanan
konsultasi khususnya mengenai pengelolaan Barang Milik Negara dan aplikasi
pendukung pengelolaan Barang Milik Negara tanpa harus datang ke KPKNL Bengkulu
untuk melakukan konsultasi secara tatap muka. Layanan ini dapat dilakukan kapan
saja dan dimanasaja yang dilakukan melalui aplikasi zoom oleh seluruh satuan
kerja Kementerian/Lembaga yang menjadi mitra KPKNL Bengkulu.
Dalam
perjalananya, penggunaan Aplikasi SIMELVI dalam memenuhi layanan konsultasi mengenai
pengelolaan BMN dirasa sangat efektif dan efisien, karena banyak satuan kerja
yang terbantu dalam penyelesaian pengelolaan aset yang ada pada masing-masing
satuan kerja pengguna Layanan Aplikasi SIMELVI tanpa
harus datang ke KPKNL Bengkulu.
Namun
dalam pelaksanaan penggunaan Aplikasi SIMELVI dalam pemberian layanan
konsultasi memiliki sedikit kendala, terutama kendala koneksi jaringan internet
yang kurang stabil sehingga pelaksanaan konsultasi melalui SIMELVI menjadi kurang
maksimal. Namun kendala tersebut tidak menjadi penghalang bagi KPKNL Bengkulu
untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik, KPKNL begkulu tetap menyediakan
upaya alternatif dalam pemenuhan pelayanannya sebagai upaya mitigasi kendala
yang ada.
Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mewujudkan pelayanan pengelolaan BMN pada KPKNL Bengkulu secara cepat, tepat, mudah, transparan, efektif dan efisien. Selian itu, penggunaan Aplikasi SIMELVIN diharapkan dapat mendukung kelancaran penyelesaian proses pengelolaan BMN, meningkatkan partisipasi operator BMN dalam mengelola dan menatausahakan BMN serta meningkatkan pemahaman operator BMN dalam hal pengelolaan BMN.
Penulis (Jayadi)