Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Aplikasi SIMELVI menjadi Inovasi KPKNL Bengkulu dalam memberikan Layanan terkait Pengelolaan Barang Milik Negara
A. Syekhuddin
Kamis, 30 September 2021   |   189 kali

Pandemi Covid-19 mendorong perubahan kebiasaan dimasyarakat, adanya pandemi Covid-19 menuntut kita untuk lekas beradaptasi dengan keadaan, termasuk dengan kenormalan baru khususnya dalam implementasi pelayanan terhadap stakeholders.

Hadirnya pandemi Covid-19 saat ini bukan menjadi halangan bagi KPKNL Bengkulu dalam penyelenggaraan layanannya. KPKNL Bengkulu bertekad tetap memberikan pelayanan terbaik terhadap pemangku kepentingan (stakeholders) sekaligus mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Tekad tersebut diimplementasikan dengan menyediakan layanan konsultasi secara virtual kepada seluruh satuan kerja. KPKNL Bengkulu berinovasi dengan membuat sebuah media yang dinamakan Aplikasi SIMELVI (Siap MELayani secara Virtual). Aplikasi SIMELVI merupakan inovasi yang dibuat KPKNL Bengkulu dalam memenuhi layanan konsultasi khususnya mengenai pengelolaan Barang Milik Negara dan aplikasi pendukung pengelolaan Barang Milik Negara tanpa harus datang ke KPKNL Bengkulu untuk melakukan konsultasi secara tatap muka. Layanan ini dapat dilakukan kapan saja dan dimanasaja yang dilakukan melalui aplikasi zoom oleh seluruh satuan kerja Kementerian/Lembaga yang menjadi mitra KPKNL Bengkulu.

Dalam perjalananya, penggunaan Aplikasi SIMELVI dalam memenuhi layanan konsultasi mengenai pengelolaan BMN dirasa sangat efektif dan efisien, karena banyak satuan kerja yang terbantu dalam penyelesaian pengelolaan aset yang ada pada masing-masing satuan kerja pengguna Layanan Aplikasi SIMELVI tanpa harus datang ke KPKNL Bengkulu.

Namun dalam pelaksanaan penggunaan Aplikasi SIMELVI dalam pemberian layanan konsultasi memiliki sedikit kendala, terutama kendala koneksi jaringan internet yang kurang stabil sehingga pelaksanaan konsultasi melalui SIMELVI menjadi kurang maksimal. Namun kendala tersebut tidak menjadi penghalang bagi KPKNL Bengkulu untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik, KPKNL begkulu tetap menyediakan upaya alternatif dalam pemenuhan pelayanannya sebagai upaya mitigasi kendala yang ada.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mewujudkan pelayanan pengelolaan BMN pada KPKNL Bengkulu secara cepat, tepat, mudah, transparan, efektif dan efisien. Selian itu, penggunaan Aplikasi SIMELVIN diharapkan dapat mendukung kelancaran penyelesaian proses pengelolaan BMN, meningkatkan partisipasi operator BMN dalam mengelola dan menatausahakan BMN serta meningkatkan pemahaman operator BMN dalam hal pengelolaan BMN.


Penulis (Jayadi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini