Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
DJKN Goes to School: Kenalkan Generasi Z untuk Menjaga Aset Negara
Arum Ratna Dewi
Senin, 11 November 2019   |   211 kali

Bengkulu – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Bengkulu menyelenggarakan kegiatan “DJKN Goes to School” di SMA Negeri 2 Bengkulu pada Senin (11/11).  Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pekan Kekayaan Negara dalam memperingati Hari Ulang Tahun DJKN yang ke-13 tahun, bertujuan untuk mengenalkan tugas dan fungsi DJKN serta menumbuhkan rasa cinta kepada generasi Z  untuk menjaga aset Negara.

Kegiatan “DJKN Goes to School” ini mengajak 120 siswa Kelas 12 IPS untuk mengenal pentingnya menjaga aset negara. Setiap kelas diberikan pengetahuan mengenai tugas-tugas yang dilakukan oleh aset manajer dari kegiatan lelang, piutang negara, penilaian, dan pengelolaan kekayaan negara. “Semua yang ada disekeliling kita di sekolah ini merupakan barang milik Negara, maka dari itu kita harus tetap menjaga aset yang ada disekeliling kita” ujar Sondang Septhiani Rosalina, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara.

Pemaparan yang diberikan oleh para aset manajer dari KPKNL Bengkulu memberikan feedback yang sangat tinggi bagi para siswa. Rasa keingintahuan yang besar membuat mereka banyak menggali tentang proses kerja uang Negara dan tugas menjaga aset negara. Keseruan kegiatan semakin tinggi dengan adanya sesi tanya jawab dan kuis berhadiah yang diberikan oleh narasumber.

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi lelang secara konvensional untuk memberikan pemahaman langsung kepada para siswa tentang kegiatan lelang yang dipimpin oleh pejabat lelang. Barang yang dilelang adalah power bank dan headphone. Simulasi lelang ini menciptakan suasana menjadi lebih meriah dengan tawaran para siswa yang sangat tinggi dalam mengikuti lelang konvensional. Sri Yuwono Hari Sarjito, Kepala KPKNL Bengkulu memberikan semangat kepada para siswa untuk memberikan penawaran yang tinggi, hal tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri para siswa terhadap kemampuan yang ada pada dirinya.

Berakhirnya simulasi lelang menjadi lebih meriah dan disambut gembira oleh para siswa  karena barang lelang tersebut diberikan secara gratis oleh Tim KPKNL Bengkulu. Mengakhiri kegiatan tersebut, Sri Yuwono Hari Sarjito menyampaikan rasa terima kasih kepada perwakilan SMA Negeri 2 Bengkulu, karena sudah mendukung kegiatan “DJKN Goes to School” agar tumbuhnya rasa peduli dalam menjaga aset Negara bagi generasi muda masa kini.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini