Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menyebar Brosur Menyapa Warga
Tsabit Turmudzi
Kamis, 01 Maret 2018   |   216 kali

Bengkulu - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Negara (KPKNL) Bengkulu mengawali Pekan Peringatan 110 Tahun Lelang Indonesia dengan mensosialisasikan program lelang pada Minggu (25/3/2018) di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu.  Sosialisasi tersebut berupa penyebaran pamflet lelang dan interaktif dengan warga yang sedang menikmati keindahan Pantai Panjang Bengkulu.

Pada Minggu pagi tersebut, para pegawai KPKNL Bengkulu menyapa warga yang sedang menikmati aktifitas baik berolahraga maupun sekedar bersantai menikmati indahnya panorama Pantai Panjang. “Disamping kami mensosialisasikan lelang kepada stakeholder pemohon lelang kami juga mensosialisasikan dan mengajak warga masyarakat untuk membeli barang-barang yang ditawarkan pada pelaksanaan lelang,” ujar Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Endang Kurniawati.  Sosialisasi dan penyebaran pamflet lelang ini juga dilakukan di Bandar Udara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Banyak hal yang didapat dari acara sosialisasi langsung tersebut. Disamping mendekatkan ke masyarakat dan menyampaikan tugas fungsi KPKNL, juga dapat menjelaskan atas beberapa pertanyaan seputar lelang seperti cara pendaftaran, penawaran, uang jaminan, barang yang dilelang, dan pertanyaan lainnya.

Pekan Peringatan 110 Tahun Lelang Indonesia dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan tema “Modernisasi Lelang untuk Jual Beli yang handal dan Tepercaya”.  Lelang mempunyai sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Pada tahun 1908 Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan Staatsblad 1908 Nomor 189 tentang Vendu Reglement, dimana pada saat itu belum ada Volksraad (DPR). Meskipun Vendu Reglement adalah peraturan setingkat Peraturan Pemerintah, Tetapi Vendu Reglement merupakan peraturan lelang yang tertinggi hingga saat ini. Oleh karena itu tidak salah jika VR disebut sebagai Undang-Undang Lelang.  Setelah keluar Staatsblad 1908 Nomor 189, terbentuklah Inspeksi Lelang yang bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan (Direktuur van Financient). Saat ini lelang berada di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan dengan kantor vertikal di daerah bernama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Puncak Pekan Peringatan 110 Tahun Lelang Indonesia Rabu (28/2/2018) KPKNL Bengkulu juga mengadakan beberapa kegiatan, antara lain talkshow dengan tema “Transformasi Lelang di Era Digital dan Peranannya dalam Penyelesaian Kredit Macet Perbankan” dengan narasumber Pejabat Lelang, perbankan dan akademisi; Lelang Eksekusi Hak Tanggungan, Simulasi Lelang Noneksekusi Sukarela dan fun games. (Berita / Foto : Tsabit Turmudzi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini