Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Kilas Peristiwa
Cerita Ayu di WFO Hari Pertama
Santy Nova Theresia Hutagalung
Kamis, 11 Juni 2020   |   436 kali

Siapa Ayu? Mengapa Ayu? Wanita bernama lengkap Gusi Ayu Putri Suryaningsih ini merupakan salah seorang pegawai pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Bekasi. Setelah melaksanakan Work From Home (WFH) selama lebih dari dua bulan, kini mulai tanggal 5 Juni 2020, Ayu mulai menginjakkan kakinya di kantor untuk melaksanakan Work From Office (WFO). Perasaan bahagia menggelayut di hati Ayu, karena akan kembali bertemu dengan rekan-rekannya dan dapat melaksanakan tugas dengan leluasa. Sekelumit rasa takjub pun terlihat dari ekspresinya ketika mendapati beberapa layout kantor yang mengalami perubahan.

Merujuk kepada Surat Edaran Nomor SE-22/MK.1/2020 tentang Sistem Kerja Kementerian Keuangan Pada Masa Transisi Dalam Tatanan Normal Baru, maka mulai tanggal 5 Juni 2020 sebagian pegawai melaksanakan WFO. Sebelum pelaksanaan WFO telah berulang kali disampaikan baik saat rapat melalui video conference (vicon) maupun melalui grup Whatsapp dan menghimbau agar pegawai yang akan melaksanakan WFO harus mematuhi protokol kesehatan. 

Meskipun Sebagian pegawai KPKNL Bekasi sudah melaksanakan WFO, kegiatan rutin rapat melalui vicon dengan aplikasi Zoom meeting tetap dilakukan sebagaimana biasanya dan diikuti oleh semua jajaran KPKNL Bekasi.

Jumat, 5 Juni 2020 yang merupakan hari pertama pelaksanaan WFO dilaksanakan juga vicon yang merupakan kegitaan rutin dengan tema Galang Semangat Pagi (GSP). Kepala Subbagian Umum Titi Purwanti yang kebetulan sedang melaksanakan WFH pada saat itu menginformasikan kepada pegawai yang melaksanakan WFO tentang teknis pelaksanaan WFO di era new normal, sarana dan prasarana yang telah disediakan, serta segala kesiapan kantor menyambut pegawai yang akan melaksanakan WFO.

Ayu mengatakan bahwa teknis pelaksanaan WFO yang dia rasakan sama dengan pegawai yang lainya telah sesuai dengan aturan protokol pencegahan Covid-19 yang telah disampaikan sebelumnya. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh dan cuci tangan dengan sabun sebelum memasuki ruang kantor sampai dengan ketika sebelum duduk, Ayu membersihkan mejanya kembali dan memastikan semua peralatan kerjanya dalam keadaan bersih sebelum digunakan. Selain memakai masker, ibu dari satu orang anak ini menambahkan bahwa dia juga membawa masker cadangan, tisu, hand sanitizer, sabun pencuci tangan, bahkan bekal makanan sendiri, sesuai dengan instruksi yang telah diberikan.

“Saya senang sekali dapat kembali beraktivitas di kantor sehingga dapat bekerja dengan maksimal, mencari berkas, mencari data-data, dan dapat saling bertukar pikiran dengan teman-teman, namun saya sedih karena tak bisa leluasa bersilaturahmi dengan teman-teman. Kalau dulu saya akan bersalaman bahkan cipika-cipiki dengan teman-teman perempuan, sekarang kami tak bisa leluasa seperti dulu. Saya hanya bisa mengatupkan kedua tangan di dada sambil menatap wajah teman, karena semuanya memakai masker. Kami tak bisa leluasa bercanda seperti biasa, sekarang bahkan tempat duduk kami pun diberi jarak. Tetapi saya ikhlas karena semua ini adalah untuk kebaikan kami semua dan kami siap dengan keadaan di new normal ini,” terang Ayu sambil memainkan tali maskernya.

Tersirat rasa senang pada Ayu dan pegawai lainnya yang telah memulai WFO, meskipun di era new normal banyak batasan yang mengurangi kebebasan untuk beraktivitas, tetapi tak mengurangi rasa syukur karena dapat kembali bekerja di kantor. Ayu juga mengatakan bahwa banyak pekerjaannya yang tertunda yang mengakibatkan kinerjanya menjadi tidak maksimal, Ayu telah kembali memperbaharui komitmen dan janji untuk bekerja lebih maksimal lagi seakan berlari mengejar ketertinggalan akibat dampak dari virus Covid-19. Walaupun demikan, Ayu tetap optimis. Good Luck Ayu!

 

(Tim Berita KPKNL Bekasi)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini