Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Kilas Peristiwa
Puluhan Jaksa dari Seluruh Indonesia Mendatangi KPKNL Bekasi
Asnul
Jum'at, 30 November 2018   |   134 kali

Bekasi –Kamis (15/11/2018), KPKNL Bekasi kedatangan puluhan orang berseragam coklat-coklat, bertanda pangkat dibahu. Adapun mereka adalah 60 orang Kepala Sub Bagian Pembinaan (Kasubbag Bin) pada Kejaksaan Negeri Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Adalah KPKNL Bekasi ditunjuk sebagai tuan rumah pada kunjungan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dalam rangka Diklat Lelang Barang Rampasan Angkatan I dan II Tahun 2018.

Bertempat di Ruang Rapat Lantai I, peserta diterima oleh Supiyanta selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Bekasi. Dalam pembukaannya Supiyanta menyampaikan paparan mengenai aturan lelang khususnya terkait Lelang Barang Rampasan. Kemudian Ari M. Faruqi, sebagai salah satu Pejabat Lelang di KPKNL Bekasi, melanjutkan dengan menyampaikan paparan teknis secara lebih rinci mengenai detail pelaksanaan lelang dimaksud.

Kegiatan PKL yang dikemas dalam diskusi dan tanya jawab yang terbuka itu sangat menarik antusiasme seluruh peserta. Mereka saling bertukar informasi dan pengalaman satu sama lain sebagai Kasubbag Pembinaan terkait kegiatan lelang dalam tugas mereka sehari-hari serta menyampaikan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab dan didiskusikan.

Beberapa materi diskusi yang menarik, di antaranya terkait penjualan langsung atas kendaraan bermotor, terkait penilaian barang rampasan, serta terkait penetapan limit barang rampasan. Ari selaku praktisi yang sehari-hari melaksanakan tugasnya sebagai Pejabat Lelang, tidak canggung berbagi ilmu dengan seluruh peserta yang hadir.

Selesai sesi materi dan diskusi, peserta kemudian mendapatkan kesempatan untuk mempelajari berkas Minuta Risalah Lelang Rampasan untuk mengetahui secara langsung contoh dokumen persyaratan lelang Barang Rampasan. Seluruh peserta juga meninjau aplikasi e-auction sebagai salah satu cara yang dianjurkan dalam Lelang Barang Rampasan.

Pada penghujung kegiatan ini, seluruh peserta Diklat Lelang Barang Rampasan Angkatan I dan II menyempatkan untuk melakukan foto bersama pegawai KPKNL Bekasi.

Ini merupakan gambaran sinergi yang positif antar Instansi Pemerintah untuk bersama-sama mewujudkan pelayanan yang lebih baik bagi pengguna layanan, khususnya dalam hal pelaksanaan Lelang Barang Rampasan.

 

 

(Penulis, editor dan foto: Tim Berita KPKNL Bks)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini