Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Kilas Peristiwa
Kepedulian Kaum Wanita di Hari Kartini
Asnul
Rabu, 09 Mei 2018   |   159 kali

Bekasi - Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879. Ia adalah wanita hebat yang berjasa memperjuangkan kaum wanita agar dapat berkarya sejajar dengan kaum laki-laki, memberantas kebodohan dan memajukan pendidikan dan kehidupan kaumnya.


Kemudian seterusnya setiap 21 April diperingati sebagai Hari Kartini.  Setiap tahun diberbagai tempat, kantor, sekolah dan perkumpulan bahkan lingkungan perumahanpun selalu melaksanakan berbagai kegiatan, mulai dari hanya sekedar memakai kebaya nasional atau pakaian daerah sampai dengan melaksanakan berbagai kegiatan dan/atau perlombaan, sebagai wujud dari rasa terima kasih dan mengenang perjuangannya.


Ibu Kartini memang dikenal sebagai pahlawan kaum wanita, keberanian ibu Kartini berjuang telah mengantarkan wanita Indonesia ke gerbang kebebasan berkarya diluar rumah, mensejajarkan diri dengan kaum pria di berbagai lini pekerjaan, bahkan saat ini wanita Indonesia telah sukses dan maju sejajar dengan kaum pria bahkan ada beberapa wanita karirnya melebihi kaum pria, seperti wanita-wanita hebat dilingkungan Kementerian Keuangan, dimana Kementerian Keuangan dipimpin oleh seorang wanita dan ia sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bank Dunia, Kepala kantor Wilayah DJKN Jawa Barat juga seorang Wanita dan beberapa Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) juga dikepalai oleh wanita.


Untuk ruang lingkup yang lebih kecil sebut saja, KPKNL Bekasi, dengan jumlah pegawai sebanyak 37 orang, 15 orang diantaranya adalah wanita. Wanita-wanita tersebut bukan hanya sebagai pelengkap atau pelaksana biasa tetapi wanita-wanita di KPKNL Bekasi adalah wanita yang berprestasi dan punya dedikasi tinggi, dua orang wanita menduduki jabatan eselon IV, dua orang bendahara, dua orang pejabat lelang, dan sisanya bertugas sebagai pengelola berkas piutang negara, Kepegawaian, Sekretaris,  pengelola berkas Kepatuhan Internal, Penilai dan petugas Revaluasi BMN, melaksanakan penyelesaian perkara di Pengadilan, reportasi dan administrasi lainnya. Pada saat ini kebetulan KPKNL Bekasi juga ketempatan On Job Training (OJT) nya para pegawai baru yang berjumlah 14 orang,  Diantaranya terdapat delapan orang perempuan.


Menyadari jasa dari Ibu Kartini dan wujud rasa terima kasih ikut bangga serta bahagia wanita-wanita KPKNL Bekasi setiap tahunnya selalu aktif dalam memperingat hari Kartini, dan dalam peringatan Hari Kartini tahun 2018 ini mereka melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan ber-anjang sana ke salah satu Panti Asuhan di Kabupaten Bekasi.  Mungkin mengikuti  kodratnya sebagai wanita yang tak lepas dari peran sebagai ibu telah menyentuh hati nuraninya melihat banyaknya anak-anak yang kurang beruntung.


Diantara kesibukannya sebagai pegawai, para wanita-wanita ini sejak mulai  awal bulan April telah mulai melaksanakan kegiatan yang diberi label “sentuhan hati Kartini KPKNL Bekasi” dengan menggalang dana dari seluruh pegawai serta pengumpulan pakaian layak pakai sekaligus barang-barang lain yang bermanfaat untuk bisa disumbangkan. Sehingga Sampai dengan hari H ternyata dana dan barang-barang yang terkumpul melebih dari apa yang direncanakan.

 

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini