Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Menggenjot Target Kinerja, KPKNL Bekasi Mengikuti Forum Group Discussion Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Jawa Barat
Irfan Zuhdy
Rabu, 25 Mei 2022   |   104 kali

Bekasi – Forum Group Discussion Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Barat dilakukan pada Selasa 17 Mei 2022 hingga Jumat 20 Mei 2022. Kegiatan ini diselenggarakan secara tatap muka di Balai Diklat Pembangunan Karakter SDM Transportasi Bandung. Kegiatan ini memiliki 4 (empat) agenda, yakni pembahasan capaian IKU, pembahasan kendala pelaksanaan SBSK dan Portofolio Aset, pembahasan kendala pelaksanaan kegiatan Sertipikasi BMN, dan pembahasan terkait PNBP Pengelolaan BMN serta Pengelolaan Aset BUN. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh perwakilan KPKNL di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Barat dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dan solusi atas kendala permasalahan pada pencapaian target KPKNL.

KPKNL Bekasi dalam kegiatan tersebut diwakili langsung oleh Kepala KPKNL Bekasi Dirmanti Jaya, Kepala Seksi PKN Harry Prasetya, Kepala Subbagian Umum Titi Purwanti, dan seorang staf pelaksana KPKNL Bekasi, Subandi.

Forum Group Discussion tersebut dibuka dengan sambutan dari Kepala Bidang PKN Kanwil DJKN Jawa Barat Didith Andreas Andiana, yang mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang penting. “Kegiatan ini memiliki esensi yang penting karena bertujuan untuk membahas kendala, solusi maupun rencana terkait tusi di bidang PKN”, ujarnya. Seluruh KPKNL di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Barat diberi kesempatan untuk menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi oleh masing-masing KPKNL. Penyampaian kendala ini bertujuan untuk saling membantu, memberikan informasi dan solusi yang dapat dilakukan agar tidak terjadi deadlock arus komunikasi di tingkat KPKNL dan satuan kerja lain.

Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Tavianto Noegroho memberikan perhatian khusus terhadap capaian kinerja PKN khususnya capaian sertipikasi BMN dan SBSK di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Barat yang tergolong masih rendah sementara sudah mendekati akhir dari Semester I Tahun 2022. “Kami meminta kepada setiap seksi PKN di masing-masing KPKNL agar meningkatkan kinerjanya, khususnya terhadap sertipikasi BMN dan SBSK karena hingga saat ini capaiannya masih rendah”, ujarnya.

Tavianto Noegroho juga menegaskan komitmennya untuk terus mendorong dan membantu kinerja bidang PKN untuk mengeskalasikan dan berkoordinasi dengan Kantor Pusat DJKN, Kanwil BPN, dan Satuan Kerja guna menyamakan persepsi  terhadap setiap hambatan yang selama ini menjadi kendala. “Kami berkomitmen untuk mengeskalasi permasalahan ini baik dengan Kantor Pusat DJKN, Kanwil BPN maupun satuan kerja agar hambatan-hambatan yang menjadi kendala bisa segera dapat diatasi penyelesaiannya”, ujarnya.

Kegiatan kali ini turut menegaskan KPKNL Bekasi dalam mendorong kinerja bidang PKN ke depan, diantaranya:

1.       KPKNL Bekasi akan berkoordinasi dengan satker mengenai Tingkat Kesesuaian Penggunaan BMN dengan SBSK mengingat kegiatan ini disamping merupakan IKU Kemenkeu Wide, juga merupakan bagian dari wasdal yang bertujuan untuk memastikan efektifitas penggunaan BMN untuk pelayanan, meningkatkan peran BMN terhadap efisiensi anggaran belanja terutama yang terkait dengan barang modal/BMN dan meningkatkan produktivitas BMN dalam menghasilkan penerimaan negara melalui PNBP.

2.       KPKNL Bekasi akan melakukan pembinaan kepada satker untuk mencegah terjadinya kendala dalam pendataan dan pengukuran kesesuaian penggunaan dengan SBSK sehingga tercipta hasil yang optimal.

3.       Mengingat capaian kuantitas penyelesaian perhitungan tingkat kesuaian penggunaan  dengan SBSK di lingkup kanwil DJKN Jabar masih sangat rendah, maka KPKNL Bekasi akan untuk mempercepat proses pendataan dan pengukuran.

4.       KPKNL Bekasi juga akan menghimbau kepada satker yang memerlukan izin prinsip agar turut menembuskan kepada Kanwil DJKN Jabar dan Direktorat PKKN, sehingga dapat dieskalasi ke pengguna Eselon I Satker agar segera menerbitkan ijin prinsip tersebut untuk mendorong percepatan penerbitan izin tersebut.

5.       Dalam rangka optimalisasi PNBP, KPKNL Bekasi berencana melakukan beberapa hal, yakni :

a.       menghimbauan kepada satker untuk mengajukan Penghapusan dengan ditembuskan kepada Pembinanya (Korwil/Pengguna Barang);

b.       memutakhirkan database pemanfaatan BMN dengan melengkapi database yang sudah ada dengan profil asset yang akan disewa; dan

c.       menghimbau satker melakukan pemanfaatan aset antara lain dengan memanfaatkan area APT untuk space Iklan.

Rangkaian kegiatan yang diagendakan selama 4 (empat) hari tersebut, diakhiri dengan capacity building untuk memeriahkan dan meningkatkan rasa kebersamaan saling membantu serta memberi solusi dalam setiap permasalahan yang dihadapi bidang PKN.

 

Teks, editor dan foto : Tim Humas KPKNL Bekasi. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini