Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Dukung Keberhasilan Pengukuran Tingkat Kesesuaian Penggunaan BMN dengan SBSK, KPKNL Bekasi Gelar Sosialisasi Secara Virtual
Asnul
Jum'at, 19 Maret 2021   |   249 kali

Bekasi -  Dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan pengukuran tingkat kesesuaian penggunaan Barang Milik Negara (BMN) dengan Standar Barang Standar Kebutuhan (SBSK), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi telah mengadakan sosialisasi kepada para perwakilan Satuan Kerja (Satker) yang menjadi target pengukuran di wilayah kerja KPKNL Bekasi pada tanggal 18 Maret 2021. Acara dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media aplikasi Zoom Meeting dan dihadiri oleh sekitar 25 partisipan.

Betta Dessirani sebagai moderator pada acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut membukan acara dengan menyampaikan terima kasih kepada perwakilan Satker yang hadir pada acara tersebut, dan dilanjutkan dengan pembukaan dan pemaparan materi  secara umum oleh Kepala Seksi Pelayanan Kekayaan Negara ( Kasi PKN) KPKNL Bekasi Harry Prasetya. Harry menyampaikan penjelasan tujuan dilaksanakannya sosisalisasi ini, dasar hukum berupa Peraturan Menteri Keuangan Nomor 172/PMK.06/2020 tentang Standar Barang dan Standar Kebutuhan Barang Milik Negara, definisi, objek, beserta contoh SBSK pada objek berupa tanah, bangunan gedung kantor, dan rumah dinas.

Gusi Ayu Putu Suryaningsih yang menjadi Narasumber memaparkan materi dan menjelaskan SBSK secara teknis. Ayu menyampaikan paparannya melalui presentasi yang bertajuk “Pengukuran Tingkat Kesesuaian BMN dengan SBSK Tahun 2021 dan Optimalisasi Hasil Pengukuran Tingkat Kesesuaian BMN dengan SBSK Tahun 2020”. Ayu menyampaikan objek BMN yang menjadi target tahun 2021 beserta potensi penambahannya, dan langkah-langkah yang dilakukan agar pengukuran dapat dilaksanakan secara optimal, meliputi:

1.    Pelaksanaan verifikasi kondisi BMN;

2.    Pengumpulan data dan dokumen pendukung;

3.    Pengisian formulir pendataan SBSK BMN; dan

4.    Perhitungan tingkat kesesuaian penggunaan BMN dengan SBSK.

Selanjutnya, Ayu juga menjelaskan secara rinci mengenai data dan dokumen yang harus disiapkan Satker untuk melakukan pengukuran, serta perhitungan optimalisasi hasil pengukuran tingkat kesesuaian BMN dengan SBSK pada Satker target tahun 2020 yang telah dilaksanakan terhadap 49 NUP BMN. Ayu menyampaikan bahwa dalam pelaksanaannya, KPKNL Bekasi dapat melaksanakan kunjungan ke lapangan untuk melihat kesesuaian data yang akan digunakan dalam pengukuran kesesuaian penggunaan BMN dengan SBSK. Untuk lebih efekti sosialisasi ini dilanjutkan dengan sesi diskusi dan Tanya jawab.

Acara diakhiri pada pukul 10.30 WIB Betta sebagai moderator menyampaikan terima kasih atas perhatian dan antusiasme  para peserta pada sosialisasi ini, Betta berharap terjalinnya sinergi antara KPKNL Bekasi dan satker serta  kerja sama dari seluruh pihak agar kegiatan pengukuran kesesuaian penggunaan BMN dengan SBSK tahun 2021 nanti dapat berjalan dengan lancar.

 

 

Teks dan Foto :   Sultan Arraihan (Mahasiswa PKN STAN/PKL) dan Tim PKN

Editor               :  Tim Humas KPKNL Bekasi

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini