Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
SIMKU: Etalase Monitoring Kinerja Kapan dan Dimana Saja
Asnul
Senin, 27 Juli 2020   |   332 kali

Salah satu inovasi yang dikembangkan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi adalah Sistem Informasi Monitoring Capaian IKU (SIMKU). Melalui SIMKU pimpinan dapat memonitor capaian kinerja secara mingguan melalui dashboard yang informatif kapan saja dan dari mana saja. SIMKU dengan dashboard-nya menyuguhkan data dan laporan capaian kinerja dari setiap seksi setiap minggunya.

Sebelum dikembangkannya aplikasi ini, laporan disampaikan secara manual melalui file Excel yang disampaikan kepada seksi pelayanan, kemudian seksi pelayanan akan mengisi capaian IKU pada file tersebut. Selanjutnya, pegawai pada Seksi Kepatuhan Internal (KI) akan mengkompilasi capaian-capaian dimaksud, untuk selanjutnya disampaikan kepada Kepala Kantor. Laporan ini disampaikan dan dikompilasi secara bulanan. Jika Kepala Kantor memerlukan laporan capaian kinerja di pertengahan bulan, maka seksi terkait akan menghitungnya secara manual.

Setelah SIMKU dikembangkan, maka seksi terkait dapat menginput capaian kinerja seperti PNBP Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang, Pokok Lelang, Outstanding PN, utilisasi BMN, dan segala progres hasil pengurusan dari hasil bisnis pekerjaan setiap minggu. SIMKU berbasis web sehingga pengisian dapat dilakukan secara real time. Pegawai Seksi KI tidak perlu mengkompilasi manual capaian dari setiap seksi karena data dan laporan akan otomatis terkompilasi secara real time. Kepala Kantor juga dapat memantau progres dari setiap capaian yang diperoleh setiap minggunya, dan data-data capaian tersebut akan tampil di dashboard SIMKU. Aplikasi ini dapat menyuguhkan data-data dengan cepat, akurat, efektif dan efisien, serta memungkinkan dilakukan perbaikan dengan cepat jika terdapat kekeliruan ataupun kesalahan.

Kepala KPKNL Bekasi Hamim Mustofa pada acara Galang Semangat Pagi (GSP) mengatakan bahwa aplikasi SIMKU sangat bermanfaat karena dapat menyajikan data capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dari semua seksi pelayanan dengan lengkap secara mingguan. Kemudian, capaian tersebut akan dievaluasi setiap minggunya dalam kegiatan program budaya KPKNL Bekasi yaitu Monday Evaluation (MODEL). Jika terdapat capaian yang belum maksimal, maka pada MODEL dibahas strategi dan langkah untuk pencapaian IKU yang belum maksimal tersebut. SIMKU merupakan alat verifikasi capaian sehingga dapat diperoleh capaian IKU yang akurat. Dashboard SIMKU juga lebih informatif dengan tampilan grafis sehingga analisis capaian kinerja dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Hamim berharap kepada semua jajaran untuk selalu menginput data segera pada kesempatan pertama setelah terjadinya perolehan capaian kinerja. Hamim berharap agar aplikasi ini dapat semakin disempurnakan.

 

Penulis : Tim Humas HI KPKNL Bekasi

Foto  : Tim Kerja WBBM KPKNL Bekasi

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini