KPKNL Bekasi
Berita DJKN

Menuju Kantor berpredikat WBBM, KPKNL Bekasi ikuti Asistensi dari ORGANTA

Selasa, 02 Juli 2019   |   225 kali

Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Biro Organta) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan didampingi oleh Bagian Organisasi Kepatuhan Internal (Bagian OKI) Sekretariat DJKN mengadakan kunjungan kerja Ke KPKNL Bekasi (Senin 24 Juni 2019) ,   dalam rangka Asistensi Unit Kerja Dalam Penilaian Zona  Integritas Menuju WBBM 2019.    Acara ini dilaksanakan tepat pukul 10.00 WIB, di ruang rapat lantai 1 KPKNL Bekasi. Dalam sambutannya Kepala KPKNL Bekasi Hamim Mustofa mengucapkan terima kasih kepada tim dari Biro Organta dan OKI serta berharap kepada Tim untuk memberikan informasi trik serta tips sebanyak-banyaknya kepada KPKNL Bekasi dalam proses menghadapi penilaian WBBM ini.

Tahun 2018, KPKNL Bekasi telah menyandang Kantor yang berpredikat Wilayah bebas dari Korupsi (WBK). Untuk itu, KPKNL Bekasi dianugerahi Piala dan Piagam Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPan RB). Dengan semangat sebagai KPKNL Berpredikat WBK, maka pada tahun 2019 ini KPKNL bekasi ingin menaikkan peringkatnya untuk memperoleh Predikat Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM).

Ratna Mukadimah selaku koordinator Tim WBBM memaparkan persiapan-persiapan yang dilakukan serta inovasi-inovasi yang telah dibuat, terutama terkait peningkatan pelayanan kepada stakeholder. kemudian Ratna juga menyampaikan bahwa sejak berhasil memperoleh predikat WBK, KPKNL Bekasi telah melayani beberapa KPKNL dan Pemda Kota Bekasi yang melaksanakan studi banding. Ratna Mukadimah dan tim telah memberikan pelayanan kepada mereka dengan memaparkan hal-hal yang telah dilaksanakan selama proses penilaian. Selain hal tersebut,  KPKNL Bekasi belum banyak mengadakan perubahan-perubahan, baik terkait inovasi ataupun kegiatan lainnya, karena masih menunggu arahan dari tim Organta dan tim OKI, serta kriteria kriteria penilaian yang ditetapkan oleh KemenPan RB.

Noviana PN  Ketua Tim dari Organta dalam pengarahannya menyampaikan bahwa pembangunan Zona Integritas menuju WBBM hampir sama prosesnya dengan penilaian WBK, yaitu melalui 5 tahapan yang dimulai dari Pencanangan meliputi Penandanganan Pakta Integritas dan Pernyataan Komitmen,  Pembangunan ZI yang meliputi Penetapan Unit Kerja  dan Membangun serta melakukan Monev atas pembangunan, Pengusulan ZI yang terdiri dari Penilaian Oleh Tim Penilai Internal dan pengajuan usulan Ke KemenPan RB, Review oleh Tim Penilai Nasional yakni pelaksanaan Penilaian Nasional dan survei oleh BPS, serta Penetapan WBK/WBBM yang meliputi panel oleh Tim Penilaian Nasional (TPN )Kemenpan RB bersama KPK dan Ombudsman dengan penetapan bersama.  Karena KPKNL Bekasi telah menjalani semua tahapan khususnya untuk WBK maka hal yang perlu dilaksanakan oleh KPKNL Bekasi adalah mempertahankan pencapaian tersebut dan meningkatkan serta membuat terobosan dan inovasi baru untuk memperoleh nilai sesuai dengan  standar TPN.

Selain hal tersebut diatas, Novi juga menerangkan langkah-langkah strategis penilaian, kerangka penilaian, sampai dengan proses penetapan oleh Kemenpan RB, dan pada kesempatan itu Novi bersama timnya juga membahas nilai-nilai yang telah dicapai KPKNL Bekasi pada penilaian WBK, dimana masih terdapat nilai yang perlu ditingkatkan walaupun secara umum inovasi-inovasi yang dilakukan oleh KPKNL Bekasi sudah bagus, namun sayangnya belum memenuhi kriteria terbaik menurut tim penilai, sehingga diperlukan adanya peningkatan, terutama pelayanan dan sinergi dengan pihak eksternal.

 

Tim berita HI & editor Tim WBBM

 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Sersan Aswan No. 8 D Bekasi - 17113
(021) 8808888
(021) 8803832
kpknl_bekasi@yahoo.co.id