KPKNL Bekasi
Berita DJKN

Kepala kanwil DJKN Jabar Berharap Seluruh KPKNL di Jawa Barat Segera Meraih Predikat WBK

Kamis, 14 Maret 2019   |   32 kali

BekasiKepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Barat, Nuning SR Wulandari, menghimbau agar seluruh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di wilayah kerjanya bisa menjadi kantor dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) bahkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Nuning menyampaikan bahwa KPKNL tidak perlu menunggu ditunjuk untuk menjalani proses penilaian dalam mempersiapkan diri menjadi kantor berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi, namun tiap KPKNL memang harus mempersiapkan diri dan menjadikan unit kerjanya sebagai wilayah yang bebas dari korupsi dan meningkatkan pelayanan kepada pemangku kepentingan.

Hal tersebut disampaikan Nuning pada sambutannya di acara “In House Training Pembangunan Zona Integritas menuju Kantor Berpredikat WBK/WBBM” yang diselenggarakan di Ruang Rapat Lantai 1 KPKNL Bekasi (4/03/2019). Acara yang diikuti oleh seluruh Kepala Seksi Kepatuhan Internal beserta staf dari KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat dihadiri juga oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi (KIHI), serta narasumber dari Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal (OKI) Kantor Pusat DJKN. Acara yang dimulai tepat pukul 09.00 WIB itu diawali dengan menyanyikan lagu Mars DJKN oleh vocal group pegawai on job training (OJT) calon Aparatur Sipil Negara di KPKNL Bekasi. Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala KPKNL Bekasi, Partolo.

Sebagai tuan rumah Partolo juga berbagi pengalaman tentang usaha yang dilakukan dalam proses penilaian menjadi kantor berpedikat Wilayah Bebas dari Korupsi. Partolo menyampaikan bahwa KPKNL Bekasi telah memberikan pemahaman dan penanaman nilai-nilai Kementerian Keuangan kepada seluruh jajarannya serta telah membenahi sarana dan prasana kantor serta peningkatan pelayanan. Hal tersebut jadi upaya dalam pencapaian predikat WBK didukung juga upaya KPKNL Bekasi dalam meningkatkan komitmen bersama yang ditandatangani oleh seluruh pegawai. Selain itu ada inovasi dalam pelayanan untuk pelayanan prima kepada para pemangku kepentingan serta membangun kebersamaan untuk saling menunjang demi mencapai hasil yang terbaik.

Partolo menjelaskan bahwa acara Galang Semangat Pagi merupakan sarana dan wadah yang ampuh untuk membangkitkan semangat, menggali potensi, berbagi informasi, dan saling mengevaluasi serta untuk menumbuhkan ide-ide baru. Kegiatan In House Training  ini dilaksanakan agar semua unit kerja di wilayah Kanwil DJKN Jawa Barat dapat mempersiapkan diri dan mengetahui komponen-komponen yang diperlukan serta kiat-kiat yang dilakukan dalam proses penilaian WBK/WBBM. Selain success story yang disampaikan Kepala Kantor dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Bekasi, pada kesempatan itu juga terdapat paparan dari pegawai perwakilan Bagian OKI Kantor Pusat DJKN. Mereka menyampaikan mengenai teknis penilaian untuk Kantor berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi.

Bagian OKI memaparkan asistensi tentang kelengkapan-kelengkapan dokumen penilaian serta menerangkan secara detail terkait teknis penilaian. Selain itu, Tim OKI juga menjelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan suatu Kantor yang lolos penilaian di tingkat Kementerian Keuangan, namun tidak berhasil memperoleh predikat WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pada tahun 2019 ini KPKNL Tasikmalaya menjadi satu-satunya KPKNL di wilayah Kanwil Jawa Barat yang diajukan dalam penilaian kantor menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi.

Sebagai penutup acara, diadakan peninjauan oleh semua peserta terhadap dokumen-dokumen pengungkit, sarana dan prasarana kantor serta inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Bekasi.  Acara In House Training ditutup oleh Kepala Bidang KIHI Sigit Budi Prabowo tepat pukul 17.00 WIB dan dilanjutkan dengan berfoto bersama di spot area baru serta di lobi utama KPKNL Bekasi.(Naskah dan foto :TIMBER & KREATIF KPKNL BKS)

 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Sersan Aswan No. 8 D Bekasi - 17113
(021) 8808888
(021) 8803832
kpknl_bekasi@yahoo.co.id