Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
KPKNL Bekasi Sulut Semangat Satker di Acara Bimtek
Asnul
Rabu, 20 Februari 2019   |   184 kali

Bekasi –Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi menggelar acara bimbingan teknis (bimtek) tentang Pengelolaan Kekayaan Negara yakni pengawasan dan pengendalian Barang Milik Negara (wasdal BMN). Bimtek ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari bertempat di ruang rapat lantai I KPKNL Bekasi (14-15/02/2019). Acara tersebut dihadiri seluruh perwakilan satuan kerja (satker) di wilayah kerja KPKNL Bekasi sebanyak 62 Satker . Pelaksanaan kegiatan  tersebut dibagi dalam dua hari, agar pemberian sosialisasi lebih optimal dan dapat dipahami secara lebih maksimal oleh para satker.

Acara mengambil tema  “Pelaksanaan Internalisasi Tata Kelola Barang Milik Negara (Penggunaan, Pemanfaatan, Pemindahtanganan, Penghapusan BMN) & Pengawasan dan Pengendalian BMN” dibuka oleh Kepala Seksi PKN Ahmad Rustandi mewakili Kepala KPKNL Bekasi. Ahmad Rustandi menyampaikan terima kasih kepada perwakilan satker yang hadir dan mengharapkan para perwakilan satker dapat mengikuti acara dengan fokus. Materi yang disampaikan ditujukan untuk mempermudah para satker dalam melaksanakan pengelolaan BMN yang ditangani. Selain itu, Ahmad Rustandi menyampaikan terimakasih karena berkat peran aktif, partisipasi, dan sinergi serta dukungan dan doa dari para satker seluruh satker, KPKNL Bekasi berhasil memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2018.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Ahmad Rustandi mewakili Kepala Kantor juga menyerahkan Piagam Penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada satker yang telah menyampaikan Laporan Wasdal tercepat tahun 2019. Menurut Ahmad, dari 62 satker di wilayah kerja Bekasi, baru 40% satker yang telah menyampaikan laporan wasdal pada tahun 2018. Ahmad berharap bahwa piagam penghargaaan yang diberikan oleh KPKNL Bekasi ini dapat dijadikan sebagai motivasi kepada satker, dan Ahmad berjanji untuk waktu yang akan datang juga akan memberikan penghargaan kepada satker bukan hanya berdasarkan penyampaian Laporan Wasdal paling cepat saja namun juga kepada pengelolaan BMN lainnya.

Selanjutnya Ahmad memaparkan materi secara detail tentang cara pengelolaan BMN serta pengawasan dan pengendalian (wasdal). Ahmad, menyatakan betapa pentingnya pekerjaan sebagai pengelola BMN. Untuk itu, Ahmad berpesan agar para perwakilan satker dapat menginput BMN dengan akurat, karena hal tersebut akan menjadi dasar pengelolaan BMN lebih jauh. Guna membantu para satker menyelesaikan dan menyampaikan Laporan Wasdal tepat waktu dan akurat, pada acara itu dilakukan juga petunjuk dan bimbingan langsung mengenai tatacara pembuatan laporan dan pengiriman Laporan Wasdal dengan mempraktikkannya langsung, sehingga pada tahun 2019 ini para satker dapat menyampaikan laporannya tepat waktu.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi Penilaian, Sapto Sumunu menyampaikan informasi mengenai perkembangan pelaksanaan Revaluasi BMN tahun 2017-2018. Sapto menyampaikan bahwa Laporan Revaluasi BMN 2017-2018 secara nasional mendapat koreksi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Berdasarkan hal tersebut, Sapto mengharapkan agar Satker menginventarisasi ulang barang yang sudah dilakukan revaluasi, karena masih terdapat perbedaan antara data pada aplikasi Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi BMN (SIMAK-BMN) dan fisik BMN berdasarkan temuan Tim Pemeriksa BPK.

Setelah sukses menyelenggarakan acara tersebut, Ahmad Rustandi menyatakan bahwa secara umum satker sangat antusias atas bimbingan teknis yang telah diselenggarakan.  Hal ini terbukti dari kehadiran seluruh satker dan diskusi yang aktif dari para peserta dengan menyampaikan  kendala-kendala pada penanganan pekerjaannya sehingga dapat dicarikan solusi.(TIMBER KPKNL BKS+OJT2019)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini