Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
KAKANWIL DJKN JAWA BARAT PERIKSA KESIAPAN KPKNL BEKASI MENUJU ZI WBK WBBM
Asnul
Kamis, 02 Agustus 2018   |   170 kali

Bekasi-Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Barat, Nuning S.R.  Wulandari mengadakan kunjungan secara mendadak atau sidak ke KPKNL Bekasi pada hari Senin, 30 Juli 2018. Kedatangan Kakanwil disambut oleh Kepala Kantor dan para Pejabat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan lelang) (KPKNL) Bekasi.

Dalam kunjungannya tersebut Nuning S.R.  Wulandari langsung meninjau lingkungan luar kantor,  hampir setiap sudut halaman dan taman kantor menjadi perhatian Kakanwil bahkan ruang kerja satpam pun tak luput dari perhatian beliau. Setelah puas mengelilingi halaman kantor dan memberikan berbagai arahan dan masukan untuk perbaikan serta berdialog dengan kepala kantor dan para pejabat, barulah Nuning masuk ke dalam gedung kantor.

Pada ruang Aarea Pelayanan Teladan (APT), Nuning mengamati secara teliti  setiap atribut, banner, layar komputer sebagai layanan wise, dan kemudian Kakanwil  berdialog dengan Pegawai yang bertugas di Area Pelayanan Teladan (APT),  dan petugas di APT menyampaikan hal-hal terkait tugasnya dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Petugas menjelaskan bahwa saat ini KPKNL Bekasi telah mempergunakan Aplikasi Sistem Informasi Permohonan atau disingkat dengan SIEMON. Inovasi aplikasi ini merupakan aplikasi layanan terhadap stakeholder yang merupakan salah satu  inovasi terbaru ciptaan tim inovasi KPKNL bekasi.

Setelah merasa cukup puas di ruang APT, Kemudian beliau melangkah meninjau ruang layanan yang berada di samping ruang APT  yang antara lain terdapat ruang konsultasi, ruang e-auction corner dan Ruang Laktasi serta ruang bermain anak. Nuning memberikan komentar, saran dan bahkan memberi kritikan jika ditemukan hal-hal yang kurang tepat.

Setiap ruangan kerja pegawai juga disambangi oleh Nuning. Ibu Kakanwil yang terkenal ramah dan keibuan tersebut menyapa dan berdialog dengan setiap pegawai pelaksana di setiap seksi. Nuning menegaskan bahwa setiap pegawai harus mengerti setiap pekerjaan yang ada di KPKNL bukan hanya pada seksi ditempati saat ini saja.

Selanjutnya Nuning menaikki tangga menuju lantai dua KPKNL Bekasi. Nuning  langsung ke ruang kerja seksi Hukum dan Informasi,  sembari berdialog dengan pegawai Nuning memperhatikan white board daftar perkara.  Nuning berdiskusi dengan kepala KPKNL dan Para Pejabat yang mendampingi beliau  tentang tata cara menghadapi perkara di pengadilan.

Sebagaimana di lantai bawah, Nuning juga memeriksa setiap sudut ruangan kerja dan selanjutnya masuk ke gudang berkas. Berada di gudang berkas Hukum dan Informasi Nuning memberikan jempol dan apresiasi terhadap tatanan berkas perkara dan berkas piutang Negara, yang juga dilengkapi dengan aplikasi.

Begitu juga pada seksi Kepatuhan Internal, Nuning juga terlihat puas dengan capaian kinerja dan aplikasi yang membantu.

Dan tinjauannya berakhir di gudang berkas risalah lelang dan seksi umum beserta gudangnya.

KPKNL Bekasi sebagai salah satu kantor yang berada dalam wilayah kerja DJKN Jawa barat dan terpilih dalam nominasi penilaian unit kerja Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK WBBM), membuat Nuning juga bertanggung jawab terhadap kesiapan untuk proses penilaian.

Oleh karena hal tersebutlah, Nuning mengadakan kunjungan mendadaknya untuk memeriksa seberapa siap KPKNL Bekasi menerima tim penilai.

Pada saat brifing antara kakanwil dengan para pejabat serta seluruh keluarga besar KPKNL Bekasi, kepala KPKNL Bekasi melaporkan kepada kakanwil antara lain adalah progress dari hasil penilaian oleh tim Penilai ZI WBK/WBBM, adanya perubahan dan perbaikan secara terus menerus yang dilaksanakan oleh PKNL bekasi, mencipatakan inovasi inovasi ( ada 4 inovasi baru yang telah dibuat oleh Tim Inovasi KPKNL yang akan dilaporkan tersendiri).

Kakanwil dalam sambutannya pertama kali adalah mengucapkan syukur dan memberi apresiasi kepada KPKNL Bekasi yang telah mewakili Jawa Barat dalam ajang penilaian kantor menuju ZI WBK/WBBM, Nuning mengatakan bahwa lomba bukan saja untuk mencari gelar juara, namun adalah suatu proses untuk menuju ke arah perbaikan dan menjadi pemberi layanan yang terbaik bagi pemangku kepentingan serta untuk menciptakan pegawai yang berdedikasi tinggi serta bermental bersih.

Nuning juga menyampaikan bahwa seluruh pegawai bahkan termasuk honorer dan tenaga pengamanan harus memahami arti dan tujuan dari ZI WBK/WBBM.

Dan kakanwil juga menyinggung tentang Pengarus Utamaan Gender yaitu dengan memperhatikan kebutuhan dan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, serta menyempuranakan fasilitas untuk para difabel.

Nuning memberikan kesimpulan dari kunjungannya ini, bahwa beliau merasa bangga dan puas atas kesiapan KPKNL Bekasi dalam mempersiapkan diri walaupun masih harus terus diadakan perbaikan-perbaikan disana sini, namun Nuning memberi apresiasi terutama dengan adanya 4 inovasi yang diciptakan, dan diharapkan agar kepala kantor dapat  berbagi ilmu kepada KPKNL lain terhadap inovasi tersebut agar dapat juga memudahkan pekerjaan di tempat lain.

Terakhir, Ibu Kakanwil menyalami seluruh pegawai jajaran KPKNL Bekasi sambil berpesan agar terus dan terus bersemangat dan berbuat terbaik. Jangan berhenti dan merasa sudah cukup dengan apa yang telah dicapai. (Penulis dan editor : Asnul dan Teguh Kuncoro,Seksi HI KPKNL Bogor)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini