Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Semangat Menyambut Rekonsiliasi BMN Semester II 2017
Dasril
Selasa, 02 Januari 2018   |   272 kali

Bekasi– Menutup tahun 2017, Kamis (28/12/2017) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi mengadakan asistensi pra rekonsiliasi Barang Milik Negara (BMN) Semester II dan tahun 2017 dengan mengundang satuan kerja (satker) di lingkungan KPKNL Bekasi.

Asistensi diadakan sebagai persiapan rekonsiliasi BMN setelah diadakan kegiatan penilaian kembali BMN, seluruh satker mendapat bimbingan langsung untuk lebih memantapkan persiapan  rekonsiliasi. Rekonsiliasi BMN merupakan kegiatan rutin namun tetap perlu disegarkan (refresh) dalam hal teknis dan penyampaian peraturan atau pengaturan terkait pengelolaan BMN lebih luas.

Kepala KPKNL Bekasi Partolo dalam sambutannya menekankan pentingnya rekonsiliasi BMN sebagai basis data BMN agar terkini (up-to-date) dan kredibel, Partolo juga menyampaikan latar belakang diadakannya penilaian kembali BMN atau lebih dikenal sebagai revaluasi BMN. “Sebagai tindak lanjut hasil penilaian kembali BMN, saldo BMN akan jadi salah satu tolak ukur Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Karena itu perlu kesiapan yang matang dalam kegiatan rekonsiliasi tersebut,” ujar Partolo.

Sebagaimana telah berjalan, Rekonsiliasi BMN kini menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) yang pemutakhirannya secara daring (online). Asistensi yang disampaikan oleh pegawai Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) diawali dengan memastikan nilai saldo akhir tahun 2017 berdasarkan nilai terkini hasil revaluasi BMN.

Selain itu tiap transaksi pengurang atau penambah dari pengadaan maupun penghapusan harus dicatat agar nilai BMN bisa akurat. Hal tersebut penting mengingat nilai saldo akhir tahun 2017 akan jadi saldo awal 2018 dan seterusnya berkesinambungan. Keakuratan data BMN pada tingkat satker akan muncul pada Laporan BMN tingkat Kementerian/Lembaga.

Sesuai  yang disampaikan oleh Kepala Seksi PKN, Ahmad Rustandi, bahwa asistensi kali ini jadi perhatian khusus KPKNL Bekasi dengan mengundang tiap petugas Sistem Informasi Manajemen Akuntansi Keuangan (SIMAK) BMN pada satker.  “Meski pada dasarnya rekonsiliasi dilaksanakan secara mandiri melalui SIMAN, pegawai kami  akan membantu menyampaikan teknis updating data SIMAN untuk persiapan rekonsiliasi BMN 2017 pada awal Januari 2018 nanti,” kata  Ahmad Rustandi. Dengan bimbingan satu per satu dari pegawai Seksi PKN, diharapkan kegiatan asistensi kali ini berjalan lancar. Lebih lanjut Ahmad Rustandi juga menyampaikan,  “Jika ada pertanyaan atau kesulitan, harap segera menyampaikan ke pegawai kami di Seksi PKN.” Hal tersebut dinyatakan agar segala permasalahan dalam pemutakhiran data bisa segera diselesaikan sesuai ketentuan dan kegiatan rekonsiliasi BMN 2017 di awal 2018 nanti bisa dilaksanakan tepat waktu. (Teks dan Foto: Aenul, Seksi HI KPKNL Bekasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini