Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Apresiasi Kakanwil DJKN Jabar Atas Capaian KPKNL Bekasi
Dasril
Selasa, 19 September 2017   |   160 kali

Bekasi (18/9/2017) - Tepat Pukul 14.00 WIB Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Barat, Nuning Sri Rejeki Wulandari,  memulai kegiatan kerjanya di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi. Kunjungan kerja Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat ke KPKNL Bekasi dilakukan dalam rangka memantau langsung pelaksanaan revaluasi aset tetap BMN yang berada dalam kelolaan KPKNL Bekasi.  Turut mendampingi dalam kunjungan ini dua pejabat Eselon III di Kanwil DJKN Jawa Barat yaitu Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Sugeng Harijadi dan Kepala Bidang Penilaian, Indra Safri.

Kunjungan ke KPKNL Bekasi ini dilaksanakan setelah kunjungan yang sama ke KPKNL Bogor. Nuning dengan sangat antusias mendengarkan ulasan Partolo, Kepala KPKNL Bekasi. Partolo menjelaskan capaian kinerja KPKNL Bekasi per 31 Agustus 2017 dan secara khusus menyampaikan progress report pelaksanaan revaluasi BMN di wilayah kerja KPKNL Bekasi. Partolo juga menyampaikan kondisi terkini dari kegiatan revaluasi BMN yang menjadi tanggung jawabnya. “Kami perlu menunjukkan kepada Ibu dan semua stakeholder bahwa semangat kami dalam menyukseskan revaluasi BMN tahun 2017 sangat tinggi. Selaku pengguna barang kami ingin memberikan contoh kepada pengguna barang lainnya bahwa kami sudah menuntaskan penilaian kembali BMN yang menjadi objek revaluasi pada kantor kami lebih awal. Kerja keras tersebut membuahkan hasil yaitu kami berhasil memperolehnya nomor Laporan Hasil Inventarisasi dan Penilaian (LHIP) perdana. Selanjutnya berdasarkan data LHIP tersebut, kami melakukan koreksi nilai pada SIMAK BMN, serta sinkronisasi pada aplikasi SIMAN,” kata Partolo, selaku Koordinator UAKPB KPKNL Bekasi.

Dari Laporan Hasil Inventarisasi dan Penilaian KPKNL Bekasi Nomor: LHIP-001/WKN.08/KNL.02/2017 tanggal 8 September 2017 diketahui bahwa penilaian ulang yang dilakukan terbukti menunjukkan perubahan sangat signifikan pada aset tanah KPKNL Bekasi. Bidang tanah menurut catatan admintrasi semula bernilai total Rp1,92 Milyar, kini melesat hingga Rp8,97 Milyar. “Lonjakan nilai yang hampir 5 (lima) kali lipat dari nilai sebelumnya memberikan gambaran bahwa kegiatan Revaluasi BMN sangat berpengaruh pada nilai total kekayaan Republik Indonesia,” ungkap Partolo.

Pada saat menyampaikan arahannya, Nuning banyak menyoroti dan memberi apresiasi kepada capaian dan perubahan-perubahan yang telah dilakukan oleh KPKNL Bekasi, antara lain atas perubahan tampilan teras kantor KPKNL Bekasi yang semula berlantaikan tanah sudah berubah menjadi berlantaikan granit. Pada saat beliau memasuki ruang Area Pelayanan Terpadu (APT) beliau terkesan dengan alat dan metode penyampaian informasi yang digagas oleh KPKNL Bekasi yaitu berupa pesawat televisi yang berfungsi untuk menayangkan video kegiatan kegiatan KPKNL Bekasi maupun video lainnya. Selanjutnya beliau juga memberikan apresiasi atas pembuatan standing banner yang menurut beliau sangat inspiratif dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh stakeholder tentang Revaluasi BMN. Mengomentari kondisi terkini (update) dari kegiatan revaluasi aset BMN di KPKNL Bekasi, Nuning sangat gembira dan sangat berterimakasih atas usaha dan kerja bersama yang telah dilakukan oleh jajaran KPKNL Bekasi sehingga memperoleh capaian yang sangat mengembirakan. “Pada tahap ini posisi KPKNL Bekasi sudah di depan,” ujar beliau.

Pada tempat terpisah Kepala Seksi Penilaian sekaligus Koordinator Revaluasi BMN Tahun 2017 KPKNL Bekasi, Widiyantoro, menyatakan bahwa tren data hasil penilaian menunjukan adanya peningkatan nilai wajar pada aset tanah dan penurunan nilai wajar pada aset non tanah.

Mengomentari pelaksanaan  revaluasi BMN sampai saat ini, Kepala Seksi PKN, Ahmad Rustandi berpendapat bahwa tahapan penilaian kembali BMN berjalan sangat lancar dengan  kontrol yang baik. “Kita bersyukur kepada Allah bahwa dari target penilaian kembali BMN sebanyak 867 NUP telah ter-update di SIMAN pada tahap persiapan dan indentifikasi sebanyak 702 NUP. Dari data tersebut yang telah kirim LHIP ke KPKNL sebanyak 497 NUP sedangkan Laporan Penilaian selesai sudah sebanyak 181 NUP” ujarnya. “Kami optimis dapat menyelesaikan semuanya dengan waktu lebih cepat” tegas Ahmad.

Kunjungan Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat dirangkai dengan acara tambahan yaitu peresmian tempat ibadah berupa Musholla Al-Ikhlas yang berlokasi di belakang kantor KPKNL Bekasi. Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian dan pemotongan tumpeng dan diakhiri dengan sholat ashar. Tepat pukul pukul 16.00 WIB Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat  mengakhiri kunjungannya dengan perasaan puas dan berterima kasih atas respon kunjungan ini dan berharap dapat berkunjung kembali pada waktu dekat dengan waktu yang lebih lama, sehingga mendapat gambaran secara utuh mengenai pelaksanaan penilaian kembali aset BMN. (Teks: Dasril, Foto: Aenul, Seksi HI KPKNL Bekasi)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini